Lihat ke Halaman Asli

Deni Fidia Candra

Pria punya selera

Ancaman dan Peluang Teknologi Kekinian bagi Pelajar dan Mahasiswa

Diperbarui: 16 November 2019   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perkembangan dunia kian dinamis semenjak era keterbukaan atau era globalisasi terjadi sejak 1980-an dan makin masif ditahun 1990-an. Membuat perkembangan seluruh aspek kehidupan berkembang sangat cepat dan sangat pesat. Dunia dibuat menjadi tanpa batas dan tanpa jarak antar Negara. Dimanapun dan kapan pun semua orang dapat mengetahui informasi diseluruh dunia secara realtime. Banyak hal yang telah dibuat untuk mengejar suatu impian untuk menggapai tujuan terutama untuk memudahkan kehidupan manusia dalam melakukan segala aktifitasnya. Membuat kehidupan saat ini terasa mudah dan menyenangkan dengan kehadiran teknologi yang semakin berkembang setelah ditemukannya teknologi komputer oleh Charles Babbage diawal abad ke-19 membuat penemuan tersebut menjadi salah satu penemuan penting dunia yang kekuatan prosesnya mampu menjangkau ke seluruh penjuru dunia dan perkembangannya semakin hari semakin canggih hingga saat ini serta menstimulus kemajuan di bidang kehidupan lainnya. Kemajuan teknologi tersebut juga mengubah peradaban manusia dari tradisional menjadi modern disegala bidang Antara lain bidang ekonomi dan bisnis, transportasi, kesehatan,dan lain-lain.

Dikutip dari Laman Detiknet (07/10/2019), pada 2019 Indonesia sebagai pengguna Internet peringkat 10 teraktif di dunia dengan durasi 4 jam 35 Menit perhari dibawah Thailand dan Filiphina. Dengan Kemajuan teknologi terutama Teknologi Informasi awalnya diciptakan untuk membuat kehidupan manusia semakin mudah, namun tentu hal tersebut diibaratkan sebagai dua mata pisau yang memiliki dua dampak Antara lain dampak positif sebagai peluang dan dampak negative sebagai sebuah ancaman. Masyarakat Indonesia dan Remaja khususnya saat ini menggunakan Internet tidak hanya sebagai entertainment dan komunikasi, tetapi juga digunakan dalam produktivitas mereka untuk bekerja dan belajar. Tentu hal yang dapat dinikmati oleh pengguna Internet di Indonesia khususnya bagi para Mahasiswa yang sangat peka terhadap perkembangan tekonologi adalah kemudahan dalam mengakses media pembelajaran tanpa harus datang ke perpustakaan, mengakses sarana belajar yang tidak didapatkan di kelas, memberi ruang yang lebih luas untuk sarana kreativitas, kemudahan untuk mobilisasi dengan ojek/taxi online, mengetahui perkembangan dunia secara realtime untuk menambah pengetahuan, dapat belanja tanpa harus keluar rumah, menjadi tempat bekerja untuk menambah uang saku bagi mahasiswa bahkan kemudahan dalam membeli sesuatu tanpa membawa uang cash dengan teknologi Fintech dan Cashback-nya

Tentu disamping hal positif sebagai peluang bagi Mahasiswa yang telah disebutkan diatas ada hal negative yang selalu mengintai yang menjadi ancaman bagi para penggunanya yang patut diwaspadai dan dihindari Antara lain adalah pencurian data pribadi dari media social, timbulnya rasa malas dalam belajar dan milih untuk bermain game di gawai semata-mata untuk kesenangan, penyalahgunaan teknologi bagi remaja untuk bermain game,chatting di media social dan menonton video non pembelajaran dimana waktu tersebut seharusnya digunakan untuk belajar, penyalahgunaan teknologi saat ujian dengan kebocoran soal ujian, penyalahgunaan teknologi untuk melakukan tindakan criminal atau cyber crime oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,dan lain-lain.

Tentu saja semua dampak tersebut yang telah disebutkan dapat disimpulkan bahwa tidak dapat dipungkiri Kemajuan teknologi sangat membantu dalam mendukung dan memudahkan segala aktifitas semua orang tapi disisi lain juga memiliki dampak negative sehingga dampak negative tersebut seharusnya dapat dihindari atau diminimalisis kemungkinan untuk terjadi yang dapat dilakukan oleh setiap orang pengguna Teknologi tersebut. Sehingga era Kemajuan teknologi dapat dipandang sebagai sesuatu yang menguntungkan apabila digunakan dengan bijak dan diperuntukkan untuk hal-hal yang positif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline