Lihat ke Halaman Asli

Deni Darmawan

Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan - silahkan berkunjung ke www.denidarmawan.id

Silaturahmi Virtual di Tengah Pandemi

Diperbarui: 6 Juni 2021   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Program Studi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang menggelar halal bi halal secara virtual dengan tema "Silaturahmi Virtual di Tengah Pandemi" bersama para dosen, alumni dan mahasiswa pada Sabtu (29/5/2021). Acara ini juga dihadiri Kaprodi Sekretari Sugiyarto, SE. M.M dan Wakil Rektor II Universitas Pamulang Dr. Drs. Subarto, M.Pd serta ceramah agama disampaikan oleh Deni Darmawan, M.Pd.I

Dalam sambutannya, Subarto menyampaikan agar momen halal bi halal tidak sekedar saling memaafkan. "Halal bi halal merupakan tradisi yang ada di Indonesia. Namun, halal bi halal tidak hanya saling memaafkan, hendaklah untuk meningkatkan perbuatan yang makruf. Hal ini termaktub dalam Al-Quran surat Al-'Araf 199. Oleh sebab itu, mari di momen ini kita tingkatkan performa dan profesionalitas dosen," ungkap Warek II ini.

"Ketika dosa kita sudah dimaafkan oleh Allah, maka ibarat saldo kosong. Maka isilah saldo itu dengan kebaikkan dan amal shaleh," lanjutnya.

Sambutan selanjutnya datang dari Kaprodi Sekretari. "Pada momen  halal bi halal ini, seluruh dosen, mahasiswa dan alumni  bisa   melakukan  silaturahmi walapun secara daring, karena memang   pemerintah masih membatasi orang untuk berkumpul," tutur Sugiyarto.

Beliau berharap, forum silaturahmi seperti ini menjadi ajang agar semua dosen, mahasiwa dan alumni semakin solid. "Khususnya bagi  alumni   diharapkan lebih  berperan aktif   dalam  kontribusi   terhadap  pengisian tracer study untuk kepentingan data akreditasi. Setiap semester prodi berusaha untuk melakukan kegiatan dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa," jelas Sugi yang juga aktif menulis di berbagai media online.

Dalam ceramahnya, Deni menyampaikan betapa pentingnya menjaga ibadah dan nilai-nilai setelah Ramadan. "Di hari idul fitri, kita memperoleh kemenangan karena sudah menundukkan hawa nafsu kita. Tidaklah dikatakan di hari idul fitri hanya memiliki baju baru, akan tetapi ketaatan yang baru dan meningkat kepada Allah SWT. Setelah Ramadan mudah-mudahan kita bisa istiqomah menjalankan ibadah. Walaupun sedikit tapi istiqomah merupakan amal yang disukai Allah," terang Deni yang juga dikenal sebagai penulis website Lembaga Kajian Keagamaan (LKK) Unpam.

"Pandemi saat ini tidak menghalangi kita untuk melakukan silaturahmi secara virtual yang dikemas dalam kegiatan halal bi halal. Silaturahmi merupakan perintah agama. Ada beberapa keutamaan dan manfaat bagi yang suka silaturahmi. Diantaranya diluaskan rizkinya, dipanjangkan umurnya, diampuni dosanya dan amalan yang akan mengantarkan ke dalam surga," ungkapnya.

Walaupun di tengah pandemi, jangan sampai menghalangi niat baik kita untuk melakukan silaturahmi. "Begitu banyak flatform digital yang bisa kita pilih untuk bisa melakukan silaturahmi kepada kerabat saudara dan sanak famili dikampung. Ini moment yang tepat untuk melebur segala dosa. Sebab, setiap manusia kadang khilaf dan berbuat dosa di sengaja atau tidak. Jadi, halal bi halal ini merupakan momen yang tepat agar kita bisa saling saling memaafkan," pungkas Deni yang juga aktif menulis artikel di media online.

Harjoyo selaku moderator dan mewakili dosen menutup acara halal bi halal dengan mengucapkan selamat Idul Fitri. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan bathin.

Kontributor: Deni Darmawan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline