Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dendy

menulis adalah obat hati

Cara Terbaik Agar Ide Menulis Tak Hilang

Diperbarui: 24 Desember 2017   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://m.viva.co.id

Menulis adalah salah satu karya, dan menulis juga adalah obat hati yang memang selain merupakan sebuah hoby yang mampu menenangkan hati, menulis adalah cara kita membuat sejarah.

Dalam peradaban dunia, semua kepintaran dan ilmu pengetahuan para ilmuwan pendahulu kita, tentu diwariskan kepada kita melalui berbagai tulisan. Maka dari itu tak heran banyak orang yang sepakat bahwa menulis adalah mencatatkan sejarah dan membuat nama kita dikenang.

Menulis sebagai Hoby itulah yang saya rasakan, karena menulis bagaikan menghilangkan kegundahan serta bisa mengaspirasikan apa yang saya rasakan baik terhadap isu-isu terkini, maupun sekadar berbagi hal-hal positif yang bisa saya bagikan kepada para pembaca.

Baiklah, sesuai dengan judul artikel saya kali ini dari satu kata, yaitu ide. Ide adalah suatu nyawa atau ruh dalam dunia menulis. Tanpanya mungkin kita takkan bisa memiliki ruh untuk menulis.

Maka dari itu ide adalah unsur terpenting untuk menulis, karena tanpanya kita takkan bisa menulis. Jika diibaratkan dengan sebuah mobil, maka ide adalah bahan bakarnya, tanpa bahan bakar tentu mobil tersebut tak bisa berjalan kan?

Menjaga ide agar tetap ada dalam pikiran memang tak mudah, ide bagi saya ibarat burung yang jika tak segera kita tangkap maka akan lekas terbang. Sangkar itu sendiri adalah Microsoft Word yang telah terinstal pada laptop saya sebagai perangkat pendukung saya menulis.

Baiklah, saya akan paparkan berdasarkan versi saya, bagaimana caranya agar ide yang sudah ada dalam kepala kita tidak serta merta hilang dan keburu terbang seperti burung.

Dikala ide datang langsung tulis kerangka tulisan

Pernah tidak para pembaca yang memang memiliki hoby menulis ketika tiba-tiba ide datang terkadang khawatir ide itu hilang. Bahkan memang terkadang ide itu datang dikala kita jauh dari perangkat laptop.

Trus bagaimana sih cara menjaganya? Kalau berdasarkan versi saya caranya adalah tuliskan kerangka tulisan kamu yang berupa garis besar konsep dari ide kamu tersebut, atau judul yang akan kamu buat. Karena dengan adanya kerangka penulisan atau minimal judul artikel yang akan kamu buat, maka sedikit banyak akan membantu menjaga ide yang kamu punya saat itu.

Judul dan kerangka tulisan tentu sangat membantu para penulis amatir seperti saya untuk menjaga ide saya agar terus menulis menyalurkan hoby saya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline