Lihat ke Halaman Asli

Dendi Purnama

Pegawai swasta dibidang Property Management

Solusi Keuangan Keluarga di Tengah Gempuran Crisis Economy

Diperbarui: 8 Desember 2022   07:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dimasa sulit seperti saat ini, dimulai dari pandemi covid-19 yang cukup panjang, hingga ancaman resesi ekonomi global yang sedang menyerang hingga ke Indonesia. Kita harus pandai-pandai dalam mengantisipasi hal tersebut, dengan kondisi saat ini kita tidak bisa hanya mengandalkan satu pendapatan, kita harus bisa memliki cadangan usaha yang bisa membantu menopang kebutuhan keuangan keluarga yang terus meningkat. Salah satu solusi yang bisa saya berikan disini dengan cara Budidaya ikan lele. Yang perlu diingat, sebelum memulai usaha ternak ikan lele, sebaiknya jangan terlalu berambisius langsung membuat banyak kolam. Cukup dengan membuat 1 kolam untuk percobaan terlebih dahulu.

Kemudian, untuk membuat kolam ikan lele tersebut, sebaiknya dilakukan berbagai cara dan observasi sesuai keuntungan yang sudah ditargetkan. Tujuannya, agar kerja tambahan ini dimulai dengan perhitungan dan kajian ilmiah dan jangan sampai ondong air, ondong dadak. Maksudnya, sebelum memulai usaha budidaya ikan lele dengan memanfaatkan perkrangan rumah, sebaiknya dipelajari cara yang tepat atau teknis yang cocok sehingga dapat mencapai target yang telah direncanakan. 

Sebagai bahan kajian dan renungkan sebelum memulai beternak ikan lele, ada baiknya juga dihitung terlebih dahulu dana yang dibutuhkan. Tujuannya agar usaha beternak ikan lele mampu meningkat pendapatan keluarga.

Kemudian budidaya ikan lele bisa di jadikan sebagai salah satu alternatif bagi karyawan swasta karena ikan lele dapat dibudidayakan dengan menggunakan wadah dari plastik atau terpal, dengan kondisi air yang terbatas serta dapat memanfaatkan pakan dari ikan-ikan yang tidak layak untuk konsumsi yang dijual selain pakan pelet.

Bahkan kini, budidaya ikan lele dengan memanfaatkan kolam dengan terpal atau plastik sudah banyak diusahakan oleh kelompok-kelompok pembudidaya ikan lele, dengan memanfaatkan pekarangan rumah, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijadikan sebagai mata pencaharian tambahan. Soalnya, budidaya ikan lele di kolam plastik diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi perikanan budidaya sekaligus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sementara sampai sekarang, pemasaran ikan lele masih merupakan konsumsi cukup bagus. Kenapa? Karena kebutuhan ikan lele masih belum dapat memenuhi permintaan di Jabodetabek. Adapun kebutuhan lele konsumsi tersebut, seperti kebutuhan warung pecel lele yang sekarang sudah bisa dikatakan menjamur di Jabodetabek dan beberapa daerah lainnya. Kemudian pengasapan ikan lele (ikan lele salai) dan kebutuhan pasar untuk memenuhi keinginan masyarakat penggemar ikan lele.

Jadi dengan demikian usaha budidaya ikan lele saya yakin mampu menopang kebutuhan keluarga yang semakin hari semakin tinggi.

Selamat mencoba dan sukses selalu.

Penulis : Dendi Purnama (Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline