Lihat ke Halaman Asli

Dendi Anugrah Pratama

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan pengembangan Masyarakat Islam

Penerapan Dakwah Kontemporer kepada Masyarakat Menengah Atas

Diperbarui: 10 Juli 2023   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tuhan menciptakan kita pastilah memiliki tujuan. Tujuan kita diciptakan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk beribadah dan membuat diri kita dicintai oleh pencipta. Untuk membuat pencipta menyayangi ciptaanya adalah dengan mematuhi apa yang diperintah dan menjauhi segala apa yang dilarangnya. Allah SWT sudah memberikan kita petunjuk dalam hidup berupa kitab Al-Qur,an. 

Di dalam Al-Qur,an terdapat semua solusi dari semua permasalahan yang ada di dunia. Dan untuk memperjelas isi kandungan Al-Qur,an , Allah telah mengutus seorang Nabi terakhir yang semua tingkah lakunya disebut Sunnah Nabi. Segala sesuatu kehidupan sudah diberikan petunjuk oleh Allah. 

Kita sebagai hambanya sudah diberi kemudahan dalam mempelajari petunjuk yang diberikan. Sudah banyak para alim ulama sekarang yang pekerjaan sehari-harinya adalah menyebarkan petunjuk mengenai kehidupan yang diciptakan Allah SWT. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman, sangat sulit untuk menerima ceramah secara langsung dan tatap muka. 

Oleh karena itu, penulis ingin para pembaca untuk mengetahui pentingnya dakwah kontemporer dizaman yang modern saat ini. Dakwah kontemporer adalah dakwah yang dilakukan dengan menggunakan teknologi modern yang berkembang saat ini. Karena islam adalah agama yang fleksibel dan kompleks mengikuti perkembangan zaman. Bahkan peraturan dalam islam selalu akan berubah seiring dengan kondisi umat.

Pengertian dakwah dari segi bahasa ini masih memiliki karakteristik yang umum, karena yang namanya mengajak, memanggil atau menyeru bisa terjadi pada kebaikan dan keburukan (Munfaridah, 2020:5-10). Kita pasti paham betapa pentingnya majelis ilmu. Para sahabat di zaman Rasulullah sangat bersemangat mengikuti majelis ilmu. Tetapi, pada zaman sekarang yang menuntut kita untuk bekerja dengan keras menjadikan kita sangat sulit mengikuti majelis ilmu secara tatap muka. 

Maka betapa pentingnya metode dakwah kontemporer di zaman sekarang guna untuk mempermudah tersampainya isi kandungan Al-Qur,an. Salah satu keunggulan dakwah kontemporer ialah dapat didengar kapan pun. 

Di zaman yang sibuk ini, pasti sulit bagi kita membagi waktu karena seringnya perubahan kondisi. Perubahan waktu yang sangat sulit untuk ditebak. Maka dari itu, dakwah harus diimbangi dengan kondisi sosial teknologi yang sedang berkembang agar bisa menyesuaikan dengan kondisi kehidupan sosial masyarakat. 

Masyarakat yang sibuk cenderung tidak dapat menyesuaikan waktu untuk hal yang bersifat formal. Maka, pentingnya diciptakan dakwah kontemporer agar mempelajari ilmu agama bisa didengar dimanapun dan kapanpun. Bahkan jika tidak memiliki waktu untuk mendengarkan, masyarakat bisa menampung untuk dipelajari setelah libur atau pun saat memiliki waktu luang. 

Bukan hanya bisa didengar kapanpun bahkan masyarakat dapat menonton dan menyaksikan ceramah dimana pun. Dan dengan teknologi yang sedang berkembang sekarang seperti zoom meeting dan lain-lain, tidak perlu pergi jauh untuk melakukan majelis ilmu.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan terjadinya perubahan nilai, baik nilai positif maupun nilai negatif (Pimay, dkk, 2021:44-50). Membahas tentang teknologi berkembang saat ini, pastinya tidak jauh dari alat-alat elektronik yang kita gunakan sehari- hari. Salah satu alat elektronik yang sangat dekat dengan kehidupan manusia tidak lain dan tidak bukan adalah handphone. 

Handphone memiliki banyak keunggulan juga memiliki banyak kekurangan. Sehingga Handphone dijuluki pisau bermata dua. Jika kita menggunakan dengan baik, maka akan bermanfaat bagi kita. Dan jika sebaliknya kita gunakan dengan salah, maka akan membuat kita rugi besar. Dengan teknologi ini, komunikasi dan informasi sangat mudah dan cepat tersampaikan. Maka dari itu, dakwah kontemporer mengambil keuntungan besar dengan teknologi ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline