Lihat ke Halaman Asli

Babinsa Kebanggaan Rakyat

Diperbarui: 25 April 2018   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Jati diri TNI adalah Tentara Rakyat, secara sederhana makna Tentara Rakyat adalah tentara yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Tugas pokok TNI adalah Menegakkan Kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun luar.

Tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui operasi perang dan Operasi selain perang disaat negara dinyatakan aman. Semangat itulah yang terpatri di jiwa setiap prajururit Kodim 0718/Pati.

Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan merupakan suatu hal yang lekat dengan tugas Babinsa (Bintara pembina desa) dalam dinas kesehariannya.

Adalah Pelda Muhamad Saiful ulum seorang Anggota Satgas TMMD Reg 101 merupakan cerminan seorang Babinsa yang sigap, dengan segenap jiwa dan raganya mengabdi kepada rakyatnya. Karena dia menyadari bahwa TNI adalah merupakan bagian dari rakyat dan bukan golongan atau kasta tersendiri.

Siang itu disela-sela tugas membangun jalan betonisasi dia menyempatkan membantu mbok Sumarni (64) yang tampak kepayahan menggendong seikat kayu yang ia bawa dari hutan.

Sumarni merupakan seorang janda yang hidup sebatangkara karna suaminya sudah meninggal bertahun tahun yang lalu. Sehari-hari dia bekerja sebagai buruh tani dan  terkadang ia mencari kayu bakar di hutan untuk dia jual guna menambah penghasilan keluarganya."kalau lagi gak ada kerjaan seperti ini saya kehutan nyari kayu bakar untuk dijual buat tambah uang belanja dapur saya,"akunya

Dukuh selowire merupakan bagian dari desa Godo yang mayoritas penduduknya bertani dengan  mengandalkan pengairan dari sendang tambar yang merupakan mata air dari gunung kendeng. Penghasilan dari sektor pertanian dirasa sebagian masyarakat masih sangat kurang sehingga sebagian kecil dari mereka merantau ke kota besar bahkan ada yang ke luar negeri untuk memperbaiki perekonomiannya.

Pembangunan betonisasi jalan sepanjang 1,7 KM program utama TMMD Reg 101 sangat dinanti warga Selowire.meraka berharap dengan jalan baru maka terbukalah harapan baru buat warga.karana jalan ini merupakan jalan utama dan juga jalur perekonomian masyarakat Selowire.

By maz parly




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline