Lihat ke Halaman Asli

Edukasi dan Campaign Study Abroad by UNS Global Challenge Awardee 2024

Diperbarui: 27 Juni 2024   06:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Dua mahasiswi UNS dari program studi pendidikan kimia yang saat ini sedang menjalankan riset internship di Graduate School of Environmenntal Science Hokkaido University menggelar sharing session terkait study abroad. 

Mahasiswi  UNS ini merupakan angkatan 2021 yang saat ini menempuh pembelajaran semester 6 dengan mengintegrasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Riset dengan Global Challenge (GC) UNS (yakni beasiswa UNS untuk mahasiswanya yang ingin berpengalaman dan belajar di luar negeri). 

Kedua mahasiswi ini bernama Denanda Nazlah Khairunnisa dan juga Tenistya Deril Aisyah. Mereka melaksanakan sharing session ini sebagai bentuk pengabdian khususnya di bidang edukasi dan sosialisasi kepada mahasiswa UNS lainnya terkait program MBKM dan GC yang mereka jalankan. 

Sharing session yang dilakukan pada senin, 24 Juni 2024 digelar melalui online zoom meeting dengan target audience mahasiswa UNS telah dilaksanakan dengan seksama oleh kedua mahasiswa ini dengan hampir 50 peserta zoom yang aktif. 

Sharing session dilakukan didampingi oleh staff International Office UNS, serta terbagi menjadi 2 bagian utama, yakni sharing session dan diskusi dimana peserta bebas bertanya seputar program tersebut. 

Zoom berjalan lancar dengan sesi diskusi yang ramai dan dipenuhi dengan diskusi dua arah baik dari pembicara dan juga dari sisi peserta. 

Disampaikan sharing session juga akan berlanjut ke bentuk pendampingan bagi para peserta yang akan mengikuti program Global Challenge selanjutnya. 

Tujuan utama diadakannya acara ini adalah untuk memberikan motivasi, gambaran, serta edukasi terkait mengapa sebagai mahasiswa penting untuk memiliki pengalaman yang banyak dan luas baik dalam tingkat nasional maupun tingkat internasional. 

Tujuan ini timbul dari adanya keresahan kedua mahasiswi yang menyadari kurangnya motivasi mahasiswa lainnya untuk berpengalaman di luar negeri serta kurangnya pengetahuan mahasiswa secara umum tentang cara bagaimana bisa memiliki pengalaman belajar di luar negeri. Karena itu, kedua mahasiswi ini membuat campaign ini sebagai sarana/wadah informasi untuk mahasiswa lainnya. 

Selain itu, kedua mahasiswi ini juga memiliki visi untuk memperkenalkan budaya Indonesia selama berkegiatan di Hokakido University. Yang kemudian cerita dan pengalaman ini di sampaikan dan dibagikan saat acara sharing session berlangsung. 

Dari sharing session serta campaign yang dilakukan, kedua mahasiswi ini berharap dapat membagikan ilmu dan sedikit pengalaman mereka, serta kedepannya lebih banyak mahasiswa UNS yang berminat untuk study abroad sekaligus lebih banyak yang mengetahui informasi terkait UNS Global Challenge. 

Koleksi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline