Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat: Gizi Seimbang di Desa Sidorejo oleh Mahasiswa KKN UNNES GIAT 9

Diperbarui: 28 Juli 2024   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Pada hari Senin, 08 Juli 2024, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Semarang mengadakan acara sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Rumah Layak Huni yang dihadiri oleh warga desa. Program acara ini merupakan salah satu bagian dari program kerja wajib (kelompok) dari 4 program yang ada. Setiap mahasiswa memiliki tanggung jawab masing-masing untuk menjadi Person in Charge (penanggung jawab) dalam setiap kegiatan, adapun kegiatan KKN ini akan dilaksanakan selama 53 hari di bawah Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ipang Setiawan, S.Pd., M.Pd.

Acara sosialisasi ini turut menggandeng Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bandongan dalam melakukan cek kesehatan gratis di akhir sesi. Sosialisasi dibuka dengan sambutan Kepala Desa Desa Sidorejo yaitu Bapak Sudarsono. Adapun penanggung jawab acara sosialisasi ini adalah Muhammad Faiz Yunaf (Ekonomi Pembangunan, 2021) dan Denadine Angeli (Ilmu Hukum, 2021). 

Sosialisasi PHBS kali ini mengangkat tema terkait "Gizi Seimbang", ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui edukasi dan penerapan standar kesehatan lingkungan yang lebih baik dan bertujuan untuk menginformasikan dan mendorong masyarakat agar lebih peduli terhadap pentingnya menjaga keseimbangan gizi dan kesehatan di lingkungan tempat tinggal mereka.

Dalam pemaparannya, Faiz menjelaskan terkait definisi gizi seimbang dan apa saja komponen gizi seimbang, "Selanjutnya adalah komponen gizi seimbang yaitu karbohidrat, mineral, lemak, air, protein, dan vitamin ya Ibu-Ibu" ujarnya. Tidak hanya menyebutkan komponen gizi seimbang, tetapi mahasiswa KKN juga menjelaskan terkait fungsi, kadar asupan dan dampak kekurangan komponen-komponen tersebut.

dokumentasi pribadi

Presentasi dilanjutkan dengan pemaparan yang dibawakan oleh Denadine terkait prinsip gizi seimbang, "baik kita beralih kepada slide selanjutnya yaitu prinsip gizi seimbang terdiri atas konsumsi makanan dengan beraneka ragam, pola hidup aktif dan berolahraga, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat". Para peserta sosialisasi terlihat sangat antusias dalam menyambut acara ini terlihat dari banyaknya peserta yang ikut dalam sesi tanya jawab dan antusiasme dalam mengikuti ice breaking.

Acara ini selesai pada pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan sesi cek kesehatan gratis terkait cek gula darah, menimbang berat badan, cek tensi darah, dan mengukur lingkar perut. Adapun setelah serangkaian cek kesehatan telah selesai dilakukan, para mahasiswa membagikan kolak pisang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline