Lihat ke Halaman Asli

Tidak Ada ekslusifitas Warga Papua di DIY

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sering terdengar di telinga kita bahwa masyarakat timur Indonesia, terutama yang berasal dari Papua merupakan masyarakat yang ekslusif, tertutup, serta jarang bersosialisasi dengan warga lainnya. Namun itu semua merupakan hanyalah opini yang tidak memiliki fakta.

Mahasiwa Papua telah membuktikan bahwa tidak ada ekslusivitas warga Papua. Hal tersebut dibuktikan dengan menyelenggarakan upacara adat bakar batu, sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat Dusun Sumberan yang telah menerima kehadiran mahasiswa papua dalam kegiatan live in selama 16 hari.

Upacara adat bakar batu biasanya diselenggarakan di Papua apabila terdapat pesta besar, namun kali ini diselenggarakan khusus untuk membalas kebaikan masyarakat Dusun Sumberan. Selain itu, lauk yang dibakar biasanya adalah daging babi, namun pada kesempatan ini, mahasiswa papua menggantinya dengan daging ayam, agar seluruh warga dapat ikut makan bersama. Hal tersebut membuktikan bahwa rasa toleransi dalam kehidupan bermasyarakat juga ditunjukkan oleh warga Papua.

Kepala Dusun Sumberan, Haryono mengatakan bahwa masyarakat Sumberan sangat senang dengan kehadiran mahasiwa papua dari Insitute Pertanian (Instiper), untuk mengajarkan kepada masyarakat tentang keindahan kebhinekaan. Selain itu, masyarakat juga sudah menganggap mereka sebagai keluarga sendiri, tanpa memandang berbagai perbedaan yang dimiliki.

Kedepannya diharapkan seluruh etnis yang hidup di wilayah Provinsi DIY dapat melebur menjadi satu, sesuai dengan jargon Bangsa Indonesia "bhineka tunggal ika - berbeda beda tetapi satu juga"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline