Lihat ke Halaman Asli

deltta meilinda

deltta meilinda

Strategi dan Inovasi yang Dilakukan Pemerintah Bogor dalam Memulai Tatanan Kehidupan Baru (New Normal)

Diperbarui: 18 Juni 2021   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pandemi Covid 19 belum berakhir dalam waktu singkat dan sudah melanda seluruh dunia termasuk Indonesia inovasi untuk beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru adalah suatu pilihan untuk bertahan hidup ditengah pandemi. Pandemi Covid 19 sangat mempengaruhi perekonomian global Indonesia pada tahun 2020 dan sudah memasuki kuartal II yang tercatat minus dan akan berlanjut ke kuartal III dan semenjak pandemi diberlakukan lockdown karantina membuat semua masyarakat tanpa terkecuali membuat aktivitas masyarakat terganggu dan tidak bisa bekerja normal seperti biasanya akibatnya kegiatan bisnis pun menurun dan banyak pekerja yang di PHK (Pemutus Hubungan Kerja) di berbagai daerah. Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Hongkong, dan Vietnam merupakan Negara-negara dikawan asia yang berhasil mengatasi outbreak Covid dengan korban jiwa yang sangat kecil sedangkan Denmark, Jerman, dan Islandia merupakan Negara-negara barat yang dinilai punya keberhasilan yang sama. Tetapi tidak dengan Negara Amerika Serikat dinilai para pengamat dunia gagal dalam mengatasi wabah Covid 19 disebabkan karena pemimpin mereka dari awal sudah menganggap enteng Covid 19 Trump sendiri tidak percaya akan pakar dan juga tidak percaya science Trump hanya peduli dengan pasar saham. Disini seharusnya kita mengambil pelajaran dari negeri Jiran yaitu pemerintah mereka sejak awal pandemi telah merespons kasus pandemi Covid 19 dengan kewaspadaan dan mengambil tindakan serius dalam memeranginya.

Strategi dan inovasi yang dilakukan pemerintah kota bogor dengan upaya memutus rantai penyebaran Covid 19 tidak ketinggalan berbagai sebuah terobosan pemerintah daerah untuk melindungi warganya dari penyebaran wabah dan tetap produktif dan aman dari Covid 19 memasuki new normal tatanan kehidupan baru merupakan titik kebangkitan semua berbagai pihak bersama kita membangun sebuah inovasi agar ekonomi dan protokol kesehatan berjalan dengan baik dan agar bisa tetap bertahan hidup di tengah pandemi Covid 19 pemerintah Kota Bogor mempunyai inovasi diberbagai sektor, dan seperti yang kita ketahui bahwa restoran adalah tempat tujuan masyarakat setelah lama berdiam diri dirumah. Realisasi agar semua berjalan  dan memulai lembaran baru dengan berinovasi dari restoran untuk menjalankan secara ketat untuk menjalankan protokol kesehatan terhadap pengunjung dan diantaranya yaitu :

  • Pengunjung dan karyawan restoran harus menggunakan masker dan untuk karyawan di wajibkan memakai pelindung wajah.
  • Pengecekan suhu tubuh kepada semua pengunjung oleh karyawan.
  • Kapasitas pengunjung harus dibatasi 50% dari sebelum nya  dan diberi jarak.
  • Agar memberi warna bagi pengunjung pihak restoran bisa memasang manekin foto artis atau yang lainnya selain berfungsi sebagai jarak dan pembatas satu meja dengan yang lainnya.
  • Pihak restoran wajib menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer
  • Pemilihan menu melalui e-menu (elektronik menu) dan pembayaran non tunai sebagai bentuk mengurangi kontak langsung dengan karyawan.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline