Lihat ke Halaman Asli

Rekomendasi Kampus Pelayaran di Indonesia yang Diakui IMO

Diperbarui: 6 Desember 2021   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: kompasiana.com/redaksimaritimnews

Berkarir sebagai pelaut saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Profesi ini juga memiliki tantangan tersendiri karena diperlukan keberanian untuk mengarungi luasnya samudera. Agar memiliki kemampuan untuk menjadi pelaut, maka kamu perlu menempuh pendidikan di bidang pelayaran.

Beberapa kampus pelayaran di Indonesia dapat menjadi pilihan untuk menuntut ilmu. Sebenarnya bidang ilmu dalam pelayaran sangat banyak. Beberapa rekomendasi kampus terbaik di Indonesia perlu kamu ketahui sebelum kamu menempuh studi di bidang ini.

10 Daftar Kampus Pelayaran Terbaik di Indonesia

Kampus pelayaran memberikan andil dalam melahirkan generasi-generasi penerus bangsa untuk berinovasi dalam mengembangkan sumber daya manusia. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kampus pelayaran adalah diakuinya sekolah tersebut oleh International Maritime Organization (IMO).

IMO adalah lembaga kelas dunia yang berada dalam naungan PBB. Lembaga ini memiliki tugas untuk mengatasi permasalahan kemaritiman. Terus meningkatnya permintaaan tenaga pelayaran dunia membuat jenjang karir setelah lulus dari kampus pelayaran sangat terbuka luas. Adapun daftar kampus pelayaran terbaik di Indonesia diantaranya:

1. Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Politeknik Maritime Negeri Indonesia (POLIMARIN) adalah salah satu kampus dengan tingkat akademi yang menyediakan jurusan dalam bidang ilmu kelautan. kampus yang berlokasi di Jl. Pawiyatan Luhur I, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini memiliki 3 program studi (Prodi) yaitu Nautika, KPN dan Teknika.

Pada tahun 2021 kampus ini telah meluluskan 7 angkatan yang siap bersaing di dunia maritim. Lulusan dari kampus ini memiliki gelar Amd untuk KPN, ANT III untuk Nautika dan ATT untuk Teknika.

Kampus ini juga memiliki fasilitas belajar yang lengkap seperti, perpustakaan, ruang kelas yang memenuhi standar, bridge simulator, engine simulator, kantin, masjid juga free hotspot di seluruh area kampus. Polmarin juga menerapkan sistem asrama untuk para taruna/i  sampai tingkat II atau dua tahun pembelajaran.

2. Jurusan Kemaritiman Politeknik Negeri Bengkalis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline