Lihat ke Halaman Asli

Delfiarina Andriani

Panggil saja delfi

Inovasi Pembelajaran Anak di Masa Pandemi? Ini Solusi Ala KKN BTV III UNEJ Kelompok 71

Diperbarui: 31 Agustus 2021   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Sosialisasi hidup sehat dan langkah mencuci tangan yang benar

KKN UNEJ BTV III KELOMPOK 71

“INOVASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN ANAK MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI BUKU TAMBAHAN DAN MEDIA ONLINE”

Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village kali ini saya mengambil tematik “Program Literasi Masyarakat Masa Pandemi Covid-19”. Sedangkan topik yang saya ambil yaitu berjudul “Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak Masa Pandemi Covid-19 Melalui Buku Tambahan dan Media Online”. KKN dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus 2021 – 10 September 2021. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kegiatan pembelajaran siswa-siswi yang aktif dan inovatif pada masa pandemi covid-19 ini. Sehingga pandemik bukan halangan bagi siswa-siswi untuk tetap aktif dalam pembelajaran daring.

Berdasarkan wawancara bersama orang tua atau wali siswa, permasalahan yang terjadi antara lain : kesulitan orang tua mamahami materi dari anak, keluhan terhadap banyaknya tugas dari sekolah, kurang materi pendukung yang dapat mendorong semangat belajar dan pemahaman siswa, kurangnya pemahaman mengenai teknologi atau media online sebagai media tambahan belajar, dan kurangnya waktu orang tua menerapkan pembelajaran yang efektif kepada anak. Sesuai permasalahan-permasalahan tersebut saya merencanakan 4 program kerja yang akan dilaksanakan pada minggu-2 dan minggu ke-3 KKN.

Program kerja yang saya rencanakan yaitu : sosialisasi hidup sehat dan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar, bimbingan belajar dan literasi sekolah melalui buku pembelajaran, pengenalan teknologi informasi dan media online sebagai media pendukung pemebelajaran, dan pembuatan website literasi online berisi link youtube pemebelajaran. Berdasarkan program kerja tersebut diharapkan dapat mencapai beberapa hasil yaitu pertama anak dapat mengerti pentingnya menjaga kesehatan dan mengatahui langkah mencuci tangan yang benar khusunya selama masa pandemi covid-19.

Gambar 2. Praktik mencuci tangan yang baik dan benar

Kedua melalui buku pembelajaran tambahan diluar buku sekolah dapat menambah materi dan pengetahuan serta meningkatkan kegiatan literasi (membaca) pada siswa-siswi. Ketiga melalui media online diharapkan siswa dapat menambah semangat belajar karena disertai animasi menarik dan menambah suasana baru dalam belajar sehingga tidak cepat merasa bosan. Selain itu, melalui aplikasi – aplikasi seperti Brainly, Quizziz, Solite Kids (Cerdas Cermat), 1st 2nd Math, Belajar Membaca dan Permainan Matematika siswa akan latihan mengerjakan soal-soal yang disertai pembahasan yang tentunya akan menambah sikap rasa ingin tahu dan belajar yang tinggi.

Gambar 3. Bimbingan belajar dan literasi siswa

Gambar 4. Bimbingan belajar dan latihan soal melalui media online

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline