Lihat ke Halaman Asli

Delon Imanuel Lay

pelajar/Mahasiswa/BoashPoliteknik

Penerapan Etika Kerja Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dalam Industri Otomotif

Diperbarui: 10 Juni 2024   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Kemampuan untuk mempertahankan nilai-nilai moral yang tepat di tempat kerja dikenal sebagai etika kerja 

Sikap yang membentuk cara seseorang melakukan tugas di tempat kerja dengan standar moral yang tinggi dikenal sebagai etika kerja.
Peraturan ini biasanya dikomunikasikan dari mulut ke mulut antara karyawan, tetapi kebanyakan ditulis.

Etika di tempat kerja adalah peraturan yang terdiri dari sistem nilai dan prinsip etis yang berfungsi sebagai pedoman dalam pekerjaan. Agar tidak mengganggu orang lain di tempat kerja, aturan ini dibuat untuk membatasi perilaku seseorang.

Bagaimana karyawan berinteraksi dan berperilaku satu sama lain diatur oleh etika karyawan, juga dikenal sebagai etika di tempat kerja. Untuk mencapai tujuan bersama, hal ini sesuai dengan prinsip organisasi tentang pengembangan diri.

Sangat penting untuk memahami cara rekan kerja berkomunikasi karena masing-masing individu tentunya memiliki gaya

komunikasi yang berbeda. Mengadopsi prinsip "lakukan pekerjaan seperti kamu yang memilikinya" adalah komponen penting lainnya dalam membangun etika kerja yang baik. 

Kalimat ini berarti bahwa kita melakukan pekerjaan kita dengan penuh semangat, seolah-olah itu milik kita sendiri. untuk memungkinkan kita untuk menjadi lebih proaktif tanpa dipaksa oleh pihak lain.

dan berikut ini adalah etika dalam dunia kerja :

Tidak Melemparkan Kesalahan

Setiap pekerja memiliki tugas sendiri. Tugas-tugas ini sering saling terkait. Satu orang dapat memengaruhi orang lain dengan melakukan kesalahan. Untuk menyelesaikan tugas dengan baik, Anda dapat menerapkan

Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja

Tidak peduli apakah ada petugas kebersihan di kantor, setiap pekerja harus tetap bersih. Rasa memiliki yang diperlukan untuk menjadi mampu mencintai tempat kerja seperti rumah sendiri. Jangan kotori lantai dan meja kerja di kantor. Selain itu, pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan.

Jangan pernah memotong pembicaraan

Ada baiknya menunggu orang lain sampai selesai berbicara saat berbicara.
Memotong pembicaraan akan menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik untuk mendengarkan orang lain dan menganggap pendapat Anda benar.

Menurut Indeed, jika Anda tidak setuju dengan sesuatu yang diucapkan oleh seseorang, ada baiknya mencatat apa yang dia katakan dan tetap diam sampai dia selesai berbicara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline