Lihat ke Halaman Asli

Della Sanjaya

Mahasiswa

Ingin Meningkatkan Potensi Desa, KKN UNS Kelompok 75 Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Porang

Diperbarui: 26 Agustus 2022   11:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senyum Masyarakat Desa Pundungrejo Ditengah Pelatihan Pengolahan Porang yang Diadakan KKN UNS Kelompok 75/Dokumentasi pribadi

Ingin Meningkatkan Potensi Desa, KKN UNS Kelompok 75 Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Porang

Desa Pundungrejo merupakan desa dengan kondisi geografis berupa pegunungan kapur yang masih banyak terdapat hutan di wilayahnya. Kondisi pegunungan kapur membuat tidak semua tanaman pangan dapat tumbuh di Desa Pundungrejo. Selain itu, di Desa pundungrejo terdapat banyak hama kera yang sering menyerang tanaman yang ditanam masyarakat. Dengan kondisi desa yang seperti itu, masyarakat banyak menanam porang di lahan mereka. 

Tanaman porang dapat tumbuh subur dan kera pun tidak menyukai tanaman porang.  Porang merupakan tumbuhan umbi umbian dengan nama latin Amorphophallus Oncophylus Prain. Porang memiliki kandungan zat yang banyak, namun terdapat kandungan kalsium oksalat yang dapat menyeakan gatal sehingga membuat masyarakat kesulitan dalam pengolahannya. 

Penurunan kadar kalsium oksalat pada porang dapat dilakukan dengan merbus porang pada air dengan campuran garam (NaCl) sebanyak 8% dengan suhu 80 oC. Kelompok 75 KKN UNS memberikan sosialisasi dan pelatihan pengolahan porang dengan menghadirkan dosen yang memiliki keahlian di bidang pengolahan pangan. Dengan diadakannya sosialisasi dan pelatihan pengolahan porang diharpkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Pundungrejo.

Acara sosialisasi dan pelatihan pengolahan porang merupakan salah satu program kerja utama Kelompok 75 KKN UNS hal itu diungkapkan oleh penanggung jawab acara.

"Sosialisasi dan pelatihan pengolahan porang ini adalah program kerja utama kelompok 75 KKN UNS periode 2022 ini, dan alhamdulilah akhirnya dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat terbantu dengan adanya acara ini." Ujar Della Sanjaya

Acara sosialisasi dan pelatihan pengolahan porang dilakukan pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 yang bertempat di aula balai Desa Pundungrejo. Acara ini sangat didukung oleh pihak desa dan kelompok tani Desa Pundungrejo. Hal itu diungkapkan oleh Bapak Suwaji selaku ketua kelompok tani dan juga menjabat kaur pemerintah Desa Pundungrejo

"Saya ucapkan terimakasih kepada kelompok KKN UNS 2022 yang telah membuat acara sosialaisasi ini, jika membutuhkan bantuan dalam bentuk uang atau material langsung hubungi saya." Ujar bapak Suwaji.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline