Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Program Magang dan Studi Independen (MSIB) Batch 5 Sebagai Fasilitator Pendamping di PT Bank BTPN Syariah

Diperbarui: 9 Desember 2023   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Perkembangan zaman semakin dinamis dan penuh tantangan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia, khususnya dalam kompetensi profesional. Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) mengambil langkah dengan rencana strategis untuk mewujudkan bangsa yang maju dan adil, untuk mewujudkan hal tersebut, Kemendikbud meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program magang selama satu semester di mitra industri atau lembaga yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi.

PT Bank BTPN Syariah, perusahaan asosiasi dari BTPN, berkomitmen untuk mendukung umat untuk meraih cita-cita merdeka, khususnya dalam bidang ekonomi. Dalam upayanya untuk mewujudkan komitmen tersebut BTPN Syariah bekerja sama dengan Kemendikbud dalam program MBKM, dengan mengusung Program Sahabat Daya yang melibatkan mahasiswa sebagai pendamping nasabah BTPN Syariah dalam kegiatan pengembangan usaha. BTPN Syariah tidak hanya berfokus pada peningkatan kinerja keuangan, tetapi juga pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. BTPN Syariah memiliki visi untuk mewujudkan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan. BTPN Syariah percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk maju, dan mereka berkomitmen untuk membantu masyarakat mewujudkan potensi tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat terus memberikan konstribusi positif bagi perekonomian masyarakat Indonesia.

Tujuan Mahasiswa berpartisipasi dalam program MSIB adalah untuk menjadi mitra BTPN Syariah dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan ibu-ibu prasejahtera produktif di bidang kewirausahaan. 

Memberikan kontribusi nyata kepada nasabah dalam meningkatkan kualitas hidup. Hasil yang didapatkan Mahasiswa dalam mengikuti program MSIB Kampus Merdeka ini adalah keterampilan dan pengetahuan industri perbankan dan kewirausahaan, kemampuan untuk bersaing dalam dunia kerja, dan potensi untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Kompetensi yang diharapkan bagi peserta magang, yaitu: Menjadi lulusan yang siap kerja dengan keterampilan Microsoft Office yang mumpuni, menjadi individu yang mandiri dan mampu memimpikan diri sendiri, menjadi pemecah masalah yang kreatif dan inovatif, menjadi wirausahaan yang sukses, dan menjadi individu yang adaptif dan mampu beradaptasi dengan perubahan.

Fasilitator pendamping adalah tenaga kerja yang bertugas memberikan pendampingan kepada nasabah BTPN Syariah, khususnya nasabah ulta mikro. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan nasabah dalam mengelola usahanya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Fasilitator Pendamping memberikan materi dan pelatihan tentang berbagai aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha, seperti manajemen keuangan, pemasaran, dan produksi. Selama menjalankan magang fasilitator pendamping akan mengakses aplikasi Kita Bestee dikelola langsung oleh BTPN Syariah untuk memudahkan fasilitator dalam pendampingan. Pertemuan antara fasilitator dan nasabah dilakukan seminggu sekali selama satu bulan. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas berbagai hal terkait pengembangan bisnis nasabah.

Fasilitator pendamping memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

• Pertemuan Pertama

Melakukan kunjungan awal ke nasabah untuk memperkenalkan diri, program, dan tujuan pendampingan. Selanjutnya dilakukan asessmen dan analisis SWOT untuk mengetahui potensi dan masalah usaha nasabah.

• Pertemuan Kedua

Memberikan materi pendampingan kepada nasabah. Fasilitator pendamping harus menyesuikan materi yang diberikan dengan kebutuhan nasabah. Materi yang diberikan haruslah relevan dengan usaha nasabah dan dapat memberikan manfaat bagi nasabah. Dengan memberikan materi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, peserta magang dapat membantu nasabah untuk mengembangkan usahanya. Serta mengajarkan nasabah cara mengakses aplikasi Besteeku, di dalam aplikasi tersebut banyak materi yang bisa di akses nasabah agar nasabah dapat belajar mandiri melalui aplikasi tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline