Lihat ke Halaman Asli

Della Permatasari

Karyawan Sastra

Penerjemah Bahasa, Asing?

Diperbarui: 11 Juni 2023   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.instagram.com/dellapermataa

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan adalah tempat untuk membentuk citra baik dalam diri manusia agar berkembang seluruh potensi dirinya, berikut yang dimaksud oleh kemdikbud. Di Indonesia, setiap anak diwaibkan untuk mengikuti wajib belajar 9 tahun. 

Fungsinya adalah agar setiap individu yang telah memiliki dasar dan akses akan pendidikan dapat berguna bagi diri dan lingkungannya. Pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap masa depan setiap manusia, setelah setiap anak yang memiliki akses kemudahan untuk mengikuti wajib belajar 9 tahun, mereka juga akan membutuhkan pendidikan lanjutan agar bakat serta kemampuan yang dimiliki setiap anak dapat dimaksimalkan demi mempermudah kehidupannya.

Setiap manusia memiliki pilihan, kemana hidupnya akan diantar menuju tujuannya. Dalam tahapan lanjutan ini, kita diberikan pilihan untuk dapat memilih akan menjadi apa diri ini dibawa. Pekerjaan yang menyenangkan atau yang penuh dengan tantangan?

Dari sekian banyak pekerjaan, peminatan bahasa asing mulai banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Mengutip data yang didapat dari website Jabar Digital Service, bahwa tingkat pendidikan masyarakat khususnya Kab. Bogor dan Kota Bogor meningkat hingga 1 poin di tahun 2021. Salah satu diantara faktor meningkatnya peminatan terhadap bahasa asing ialah dikarenakan kemudahan akses masyarakat memperoleh informasi yang cepat melalui teknologi.
Jika dalam 10 tahun kebelakang, masyarakat menengah kebawah hanya bisa menonton tayangan televisi untuk mendapatkan hiburan dan informasi, di era globalisasi saat ini, hadirnya Netflix, YouTube serta berbagai platform digital sangat membantu perkembangan masyarakat.

Dalam perkembangan peminatan bahasa inggris misalnya, melalui zebracross.id dapat dilihat bahwa pada tahun 2022 dengan data statistik yang ada, jumlah peminat Sastra Inggris terdapat 23732 siswa dengan 3 PTN unggulan di Indonesia yakni :

1.) Universitas Padjajaran
2.) Universitas Pendidikan Indonesia, dan 

3.) Universitas Negeri Jakarta.

Dari sekian data diatas, diharapkan bahwa kualitas pendidikan Indonesia semakin tinggi sehingga melahirkan banyak penerjemah tersumpah yang berkualitas dari sekian banyak bahasa agar dapat meningkatkan generasi-generasi literasi yang senang membagi ilmunya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline