Lihat ke Halaman Asli

Della May

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Menggali Potensi UMKM melalui Strategi Pemasaran Digital

Diperbarui: 20 Mei 2023   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Digital marketing adalah praktik pemasaran menggunakan berbagai platform digital dan saluran komunikasi online untuk mempromosikan produk, layanan, merek, atau bisnis. Tujuan utama digital marketing adalah untuk mencapai audiens target, membangun kesadaran merek, menghasilkan prospek atau pelanggan, dan meningkatkan penjualan melalui penggunaan teknologi digital.

Digital marketing dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam mempromosikan produk atau layanan mereka, meningkatkan kesadaran merek, dan mencapai audiens target.

Starategi digital marketing juga dapat dilakukan dengan cara : Membangun dan mengoptimalkan situs web, menggunakan media sosial, pemasaran konten.

Digital marketing sangat penting bagi UMKM karena memiliki dampak yang signifikan dalam pertumbuhan dan keberhasilan bisnis mereka. Berikut pentingnya digital bagi umkm yaitu

  • Biaya yang lebih terjangkau
  • Targeting yang lebih efektif
  • Interaksi dengan pelanggan

Dalam era digital yang terus berkembang, UMKM yang tidak mengadopsi digital marketing mungkin ketinggalan dengan pesaing mereka dan kehilangan peluang bisnis yang berharga. Oleh karena itu, digital marketing menjadi penting bagi UMKM untuk tumbuh, bertahan, dan sukses dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline