Lihat ke Halaman Asli

dellahasibuan

Sarjana Komunikasi

Strategi Toko Cinderamata oleh Mawan Hadi Saputra

Diperbarui: 27 Desember 2024   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS


Mawan Hadi Saputra adalah seorang pengusaha sukses yang membangun sebuah toko oleh oleh dan cinderamata. Mawan memulai usahanya dengan modal yang tidak terlalu besar. Dengan keterampilan yang ia miliki, Mawan membuat sebuah kerajinan tangan yang ia jual melalui media online. Dengan tekat dan usahanya, ia berhasil menjual kerajinan tangannya memalui platform online. Kemudian ia mulai menjalin hubungan dengan para pengrajin lokal untuk mendapatkan produk yang lebih unik berkualitas lagi.

Seiring berjalannya waktu Mawan mengembangkan usahanya dengan membuka toko secara offline. Seperti banyak pengusaha lainnya, Mawan menemukan banyak tantangan baru di awal perjalanan usaha toko offlinenya. Salah satu tantangan terbesar adalah persaingan yang ketat. Ia tidak berhenti di situ, Mawan terus meriset pasar apa yang menjadi kunci utama dalam persaingan tersebut. Maka dari itu selain berjualan barang yang unik Mawan juga berjualan makanan dan jajan khas lainnya. Ia memiliki berbagai macam koleksi barang unik dan juga banyak jenis makanan.

Salah satu kelebihan Mawan adalah ia mampu berinovasi. Ia menyadari bahwa untuk menarik banyak pelanggan, ia perlu menawarkan sesuatu yang berbeda. oleh karna itu Mawan juga mengadakan workshop kerajinan tangan di toko oleh olehnya. Pengunjung juga dapat membuat kerajinan tangan langsung ataupun membuat batik. Strategi ini tidak hanya meningkatkan penjualan namun juga memberikan pengalaman berharga bagi para wisatawan.

Mawan selalu memanfaatkan media online dalam sarana penjualannya, ia merasakan bahwa dengan adanya teknologi dapat memperluas jaringan dan menjangkau banyak audiens. Mawan selalu percaya bahwa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah salah satu aspek penting dalam keberlangsungan usahanya.

Tidak hanya fokus pada keuntungan pribadi, Mawan juga memiliki visi sosial dalam menjalankan usahanya. Ia berkomitmen untuk memberdayakan para pengrajin lokal dengan memberikan mereka platform untuk menjual produk mereka di tokonya. Dengan cara ini, iatidak hanya membantu meningkatkan pendapatan para pengrajin tetapi jugamelestarikan budaya lokal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline