Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Pengembangan Potensi Desa Munjungagung Melalui Pembuatan Nugget Lele Mozarella oleh Mahasiswa Giat UNNES Angkatan 3

Diperbarui: 14 Desember 2022   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Giat UNNES Angkatan 3 bersama Ibu Kader PKK di Desa Munjungagung (Dokpri)

Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal merupakan desa yang terletak di area pesisir pantai. Berdasarkan topologi desa Munjungagung berada di pesisir Laut Jawa sehingga penduduk desa banyak yang bekerja sebagai nelayan. Mata pencaharian dari masyarakat Desa Munjungagung dominan di sektor perikanan, terutama nelayan.

Melihat adanya potensi perikanan di tempat tersebut, Mahasiswa Giat UNNES Anngkatan 3 mengambil hasil budidaya tambak ikan lele sebagai inovasi pengolahan potensi Desa Munjungagung khususnya yang ada di Pantai Larangan. Melimpahnya hasil panen lele sering membuat harga jual ikan lele rendah. Oleh karena itu untuk memanfaatkan ikan lele tersebut diperlukan inovasi baru sehingga menjadi suatu produk ikan lele yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan daya simpan yang lama.

Pada umumnya, warga mengolah ikan lele dengan cara digoreng atau dibakar, padahal ikan lele bisa diolah menjadi makanan nugget lele yang di gemari oleh semua kalangan. Olahan nugget lele merupakan salah satu kreasi makanan yang lezat dan bergizi tinggi, bahan bakunya adalah daging lele, dan berbagai bumbu masak disesuaikan dan diperbaiki sesuai dengan komponen rasa dan tekstur daging lele. Penyajian nugget dapat diolah dengan mudah menjadi frozen food.

  • Metode dan proses pengolahan nugget lele, pada dasarnya hampir sama dengan metode dan teknik mengolah nugget pada umumnya, yang membedakannya hanya pada bahan baku saja. Pada inovasi nugget lele ini Mahasiswa Giat UNNES Angkatan 3 menambahkan keju mozzarella didalamya sehingga memberikan sensasi dan rasa yang berbeda ketika dimakan.

Penerapan inovasi Nugget Lele Mozarella di masyarakat dilakukan di rumah salah satu kader PKK yang mana dihadiri oleh 8 orang. Mahasiswa Giat UNNES Angkatan 3 mendemonstrasikan pembuatan Nugget Lele Mozarella dengan mempraktekkan langsung sehingga nantinya inovasi ini dapat diteruskan oleh warga. 

Demo memasak Nugget Lele Mozarella di rumah salah satu Ibu Kader PKK di Desa Munjungagung (Dokpri)

Inovasi Nugget Lele Mozarella ini ditujukan untuk warga khususnya untuk Ibu-ibu yang ada di Desa Munjungagung. Sehingga Ibu-ibu terinspirasi mengembangkan produk inovasi ini menjadi UMKM di desa. "Dulu sudah pernah ada yang buat nugget ikan, tapi dari ikan teri kalo yang make ikan lele begini belum ada mba, jadi ini baru yaa, dan keliatannya bisa dijadiin peluang usaha ya mba" ujar Bu Farida.

Pelaksanaan demo pembuatan inovasi Nugget Lele Mozarella dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 9 Desember 2022. Manfaat dari kegiatan inovasi ini mengembangkan potensi Desa Munjungagung salah satunya ikan lele, mengingat Desa Munjungagung terkenal dengan tambak dan lautnya.   Kami pun memaparkan produk yang telah kami buat dalam acara EXPO GIAT 3 pada tanggal 11 Desember 2022.

Hasil produk frozen food Nugget Lele Mozarella dari Mahasiswa Giat UNNES Angkatan 3 Desa Munjungagung (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline