Lihat ke Halaman Asli

Della Ferbia

mahasiswa

Bunga Telang sebagai Sumber Keuntungan

Diperbarui: 15 September 2024   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

galeri pribadi

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang kaya sumber daya alam. Keberagaman geografis dan iklimnya membuat Indonesia memiliki banyak jenis tumbuhan, hewan, dan sumber daya alam lainnya. Keanekaragaman hayati tersebut merupakan potensi ekonomi yang besar dan juga memiliki nilai budaya serta manfaat dalam bidang kesehatan tradisional.

Salah satu contoh tanaman obat yang telah digunakan secara turun temurun adalah bunga telang (Clitoria ternatea). Tanaman ini dikenal dengan kembang telang di daerah Jawa. Nama lain seperti bunga biru atau butterfly pea flower. Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru atau ungu yang menarik dan biasanya tumbuh merambat.

Akhir-akhir ini bunga telang banyak dimanfaatkan untuk dijadikan minuman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Perlu kalian ketahui bunga telang juga sangat menguntungkan jika di produksi untuk dijual.

galeri pribadi

Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur memproduksi telang setiap harinya. "Kita setiap hari panen, per hari bisa 2 karung bahkan lebih. Enak kalau musim kemarau produksi bunganya banyak,tapi kalau uda masuk musim penghujan produksinya menurun" kata Bu Rukmi.

Musim juga akan mempengaruhi produksi bunga telang. Saat musim kemarau bunga telang memproduksi lebih tinggi daripada saat musim penghujan. Dikarenakan, pertumbuhan bunga telang terbaik di bawah sinar matahari penuh.

" Habis dipanen terus dikeringkan langsung dijual. Kita jualnya kiloan,untuk satu kilo harganya 110 rb,kalau lagi naik naiknya perkilo bisa 180 rb" Tambah Bu Rukmi.

galeri pribadi


Dengan mengetahui harga bunga telang apakah kalian tidak tertarik untuk memproduksi?. Mari mulai menjadi pelaku kewirausahaan, banyak manfaat untuk kita dan tanaman yang tumbuh di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline