Lihat ke Halaman Asli

Dampak Gedget dalam Dunia Pendidikan

Diperbarui: 30 Mei 2024   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

   Perlu kita ketahui gedget mempunyai peran penting dalam kehidupan seperti, melihat resep masakan, melihat berita, hiburan, dan pendidikan.

   Gedget dimulai dari lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat menjadi kunci utama perkembangan individu, dengan gedget kita bisa mengikuti pembelajaran secara online seperti, bimbel,daring dan mudahnya informasi internet, secara tidak langsung meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. 

   Selain dampak positif juga ada dampak negatif dari penggunaan gedget, seperti penggunaan geme, youtub, dan sosial media yang berlebihan, membuat kita menjadi malas,menurunkan semangat belajar,mengurangi fokus untuk belajar sehingga menyebabkan kosentrasi dalam belajar menjadi menurun. Selain itu juga berbahaya bagi kesehatan mata seperti mata kering, miopia, merusak tulang belakang, gangguan tidur karna begadang dan lain-lain. 

    Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif penggunaan gedget?

Inilah beberapa cara mengatasi dampak negatif penggunaan gedget secara berlebihan antara lain:

1. Perbanyak aktivitas diluar rumah. kita bisa memperbanyak aktivitas diluar rumah seperti mendaki, liburan, atau nongkrong bersama teman-teman diluar rumah sehingga kita bisa lupa dengan gedget.

2. Perbanyak bersosialisasi. kita bisa mengurangi waktu senggang dengan aktivitas seperti les, kerumah teman, dan berbincang-bincang dengan keluarga atai masyarakat.

3. Perbanyak baca buku,koran dan lain-lain.

4. Belajar menyeimbangkan waktu. batasi waktu penggunaan gedget secara berlebihan untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan gedget, untuk anak-anak ibu perlu membatasi durasi penggunaan sesuai umur.

5. Hapus aplikasi yang menjadi penyebab kecanduan. 

6. Membuat area bebas gedget.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline