Lihat ke Halaman Asli

Menarik! PMM UMM 13 Implementasi Platform Pembelajaran Kahoot di SDN 05 Donomulyo

Diperbarui: 6 Agustus 2024   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

Kabupaten Malang  -  Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM tersebut memiliki tujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tim PMM UMM Bhaktiku Negeri gelombang 2 kelompok 13 yang beranggotakan Muhammad Daffa Arif Rachman, Dias Aditama, Rifki Ramadany Majid, Muhammad Aidul Fikri. Mukarram Luthfi Al Manfaluti didampingi oleh dosen pembimbing lapang (DPL) Widianto, ST., MT kembali sukses melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung pada 3 Agustus 2024 di SD Negeri 05 Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tim PMM UMM gelombang 2 kelompok 13 mengusung tema kegiatan “Implementasi Kahoot sebagai Penguatan dalam Proses Pembelajaran.”

Platform pembelajaran di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan berbagai solusi sebagai pendukung pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah. Beberapa jenis platform pembelajaran di Indonesia diantaranya platform e-learning, platform kelas daring, hingga platform pendidikan interaktif.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

Tim PMM UMM kelompok 13 menginovasikan program implementasi salah satu platform pendidikan interaktif yaitu Kahoot di SD Negeri 05 Donomulyo. Tim PMM UMM kelompok 13 memberikan pendampingan kepada para guru mengenai cara membuat dan mengelola kuis, serta pengaplikasian fitur-fitur Kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi.

Siswa-siswi SD Negeri 05 Donomulyo juga dilibatkan pada program tersebut dengan berpartisipasi dalam kuis percobaan, yang berfungsi sebagai simulasi dalam memahami cara penggunaan dalam proses pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

“Sebelumnya belum pernah dikenalkan model pembelajaran ini kepada siswa-siswi di SD Negeri 05 Donomulyo. Setelah diperkenalkan, siswa-siswi menunjukkan semangat tinggi, merasa senang, dan tertarik dengan cara pembelajaran ini,” ujar Rifki salah satu anggota tim PMM UMM gelombang 2 kelompok 13.

Melalui program yang telah berjalan, tim PMM UMM kelompok 13 berharap dapat menumbuhkan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik di lingkungan pendidikan SD Negeri 05 Donomulyo. Serta meningkatnya motivasi yang lebih tinggi untuk belajar dan berkompetisi di kalangan siswa-siswi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline