Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 15 UM Jember Ciptakan Website Pemasaran Produk UMKM

Diperbarui: 30 Agustus 2021   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Jember, UM Jember -- Mahasiswa KKN Kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Jember melaksanakan program kerja non-fisik yaitu menciptakan website untuk UMKM Mitra Jamur di Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. 

Program kerja ini dilakukan dengan tahapan yang pertama yaitu menentukan Coloring dan desain User Interface pada website tersebut yang dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 24 Agustus 2021 dengan owner UMKM Mitra Jamur, Bapak Andreas.

Saat ini masih banyak pelaku UMKM yang melakukan transaksi bisnisnya secara manual melalui tatap muka ataupun telepon. Kesulitan inilah yang sering terjadi pada pelaku usaha. Selain itu tidak efektif juga dilakukan dimasa pandemi, dan juga para konsumen tidak dapat menemukan produk dengan pilihan yang banyak dan unggul. Pada akhirnya banyak UMKM mengalami kerugian 

Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa KKN Kelompok 15, Bapak Dr. Hasan Suaedi, M.Pd., .menyampaikan bahwa KKN Tematik gelombang 2 tahun 2021 ini selain melakukan program kerja yang ada di masyarakat, perlu juga memperhatikan  kondisi UMKM dan berfokus padaera pandemi Covid -- 19 ini sangat di rasakan oleh setiap pelaku usaha. 

Pentingnya digitalisasi pada pelaku UMKM akan meningkatkan perekonomian dan sangat menjanjikan karena masyarakat lebih banyak melakukan belanja secara online yang diakibatkan oleh pemberlakuan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) oleh pemerintah pusat.

Di era pandemi seperti ini banyak UMKM yang mengibarkan bendera putih karena menurunnya  daya beli. Salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengikuti perkembangan teknologi. 

Kegiatan Teknologi Informasi melalui pembuatan Website di tetapkan sebagai salah  satu program kerja mahasiswa KKN Tematik Kelompok 15, mengingat keadaan dalam pandemi Covid -19 dan daya beli konsumen lebih ke sistem online, sehingga peluang untuk berkembang pada UMKM Mitra Jamur akan meningkat. 

Owner Mitra Jamur, Bapak Andreas menyampaikan  bahwa program seperti ini diharapkan akan membangkitkan perekonomian pelaku UMKM khususnya di Mitra Jamur ditengah kondisi yang tidak memungkinkan pada era pandemi seperti ini.

Maka dari itu dengan diciptakannya website untuk UMKM Mitra Jamur ini diharapkan agar produsen dapat mempromosikan produk jamur atau olahannya, serta transaksi antara penjualan yang terjadi antara UMKM dan pelanggan. Pelanggan juga dapat mendapatkan banyak pilihan jamur yang unggul dengan cara yang mudah. 

Pemasaran digital sangat membantu UMKM karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitialisasi. Dengan adanya digital marketing komunikasi dan transaksi dapat di lakukan setiap waktu atau realtime dan bisa diakses diseluruh dunia, serta seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline