Lihat ke Halaman Asli

Ringkasan "Mempelajari Komunikasi Lingkungan" oleh Roberth Cox

Diperbarui: 3 Desember 2017   00:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pertumbuhan Lapangan

Pertumbuhan komunikasi lingkungan dilapangan mengaitkan beberapa kelompok ilmuwan komunikasi yang beragam, dimana bidang penyelidik tidak terang terjadi dengan harapan yang ada. Pada saat itu bidang komunikasi lingkungan mulai melebar, meliputi peran sains, media dan industri. komunikasi lingkungan sebagai yang baru, multidisipliner bidang studi. 

  • Retorika dan wacana lingkungan
  • Studi retoris tentang komunikasi :  penulis dan kampanye lingkungan muncul sebagai fokus awal dari era baru.
  • Media dan jurnalisme lingkungan
  • Dalam banyak hal, studi lingkungan media telah menjadi subfield tersendiri. Ini berfokus pada cara berita, iklan, program komersial, dan situs internet menggambarkan alam dan lingkungan masalah.
  • Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan lingkungan.

Masih banyak kasus, hambatan mencegah keterlibatan warga yang berarti dalam keputusan yang mempengaruhi komunitas mereka atau lingkungan alam.

  • Kampanye pemasaran dan advokasi sosial.

Wilayah studi yang berkembang pesat adalah peran kampanye pendidikan dan advokasi publik oleh kelompok lingkungan dan kesehatan dan, semakin, ilmuwan iklim khawatir tentang pemanasan global.

  • Kolaborasi lingkungan dan resolusi konflik.

Ketidakpuasan dengan permusuhan bentuk partisipasi publik dan metode penyelesaian sengketa lingkungan telah menyebabkan praktisi dan ilmuwan sama-sama mengeksplorasi model pemecahan alternatif konflik lingkungan

  • Resiko Komunikasi

Pembelajaran Komunikasi risiko meliputi dua bidang:

  •  Secara tradisional, para ilmuwan telah mengevaluasi keefektifan komunikasi tertentu strategi untuk menyampaikan informasi teknis tentang risiko kesehatan kepada berpotensi terkena populasi.
  • Sejak akhir 1980an, para ilmuwan melihat ada dampaknya Pemahaman tentang risiko atas penilaian publik terhadap penerimaan resiko
  • Representasi alam dalam budaya populer dan pemasaran hijau

Penggunaan gambar alam pada music popular, pertunjukan televise, fotografi dan iklan komersial merupakan representasi alam  dalam budaya yang diselipkan. Dapat dilihat dengan studi budaya popular yang mengeksplorasi representasi alam dari film Hollywood

Mendefinisikan Komunikasi Lingkungan

lingkungan komunikasi berarti kendaraan pragmatik dan konstitutif untuk pemahaman kita lingkungan serta hubungan kita dengan alam; ini adalah media simbolis yang kita gunakan dalam membangun masalah lingkungan dan negosiasi tanggapan masyarakat yang berbeda terhadap mereka. komunikasi lingkungan melayani dua fungsi yang berbeda:

  • Komunikasi lingkungan bersifat pragmatis.

Dapat  membantu kita memecahkan masalah lingkungan. Inilah arti instrumental komunikasi yang mungkin terjadi pada awalnya: kerja komunikasi dalam tindakan, sebuah bagian dari kampanye pendidikan publik. Misalnya, fungsi pragmatik komunikasi lingkungan terjadi ketika produsen mobil membeli iklan online yang menentang standar bahan bakar mil per galon yang lebih tinggi atau ketika sebuah demonstrasi kelompok lingkungan mendukung untuk melindungi daerah hutan belantara.

  • Komunikasi lingkungan bersifat konstitutif

Komunikasi lingkungan juga membantu membentuk, atau menyusun, representasi pemahaman kita Oleh membentuk persepsi kita tentang alam, komunikasi lingkungan dapat mengundang kita untuk melihat hutan dan sungai sebagai ancaman atau melimpah, untuk menganggap natural sumber daya seperti eksploitasi atau sebagai sistem pendukung kehidupan vital sebagai sesuatu menaklukkan atau sebagai sesuatu untuk dihargai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline