Lihat ke Halaman Asli

Dela Rahayu

Mahasiswa

Tantangan Pendidikan di Indonesia

Diperbarui: 23 Juni 2023   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses belajar tatap muka di salah satu sekolah tangerang selatan. 

Pendidikan di Indonesia telah banyak mengalami perubahan dan kemajuan dalam beberapa dekade terakhir, namun masih ada aspek yang perlu diperbaiki. salah satunyayang menjadi masalah utama adalah kualitas pendidikan yang rendah. standar pendidikan di banyak sekolah terutama daerah pedesaandan perkotaan yang kurang berkembang, masih jauh dari kata memadai. kurikulum yang kurang relevan, fasilitas yang tidak memadai dan lagi kurangnya sumber daya pendidik yang menjadi faktor utama yang meyebabkan rendahnya kualitas pendidikan.

Selain itu, sistem evaluasi dan pengukuran prestasi pendidikan juga perlu adanya perbaikan. Ujian Nasional yang masih menjadi penentu utama kelulusan  meski sekarang sudah berganti menjadi Asesmen Nasional, siswa cenderung mendorong pendekatan "belajar untuk lulus" daripada mendalami pemahaman mengenai pembelajaran di sekolah. Hal ini terjadi karena kurang nya motivasi siswa untuk memperoleh pengetahuan yang berkelanjutan dan berkembang. 

Tidak adanya kesetaraan dalam mengakses pendidikan juga menjadi masalah yang serius. Banyak anak-anak di daerah terpencil atau miskin yang hampir tidak memiliki akses ke pendidikan yang berkualitas. Hal ini pula menjadi kesenjangan pendidikan yang semakin meluas antara wilayah perkotaan dan pedesaan, serta antara kelompok sosial ekonomi yang berbeda. 

Selanjutnya, pendidikan di indonesia masih terlalu fokus pada pembelajaran akademis semata. Padahal pada kenyataannya keterampilan praktis dan keahlian teknis yang relevan  didunia kerja sering di anggap sebelah mata dan diabaikan. Hal ini punya yang menyebabkan terjadinya kesenjangan antara apa yang diajarkan disekolah dan apa yang di butuhkan oleh pasar kerja. Sebagai hasilnya, lulusan sering menghadapi kesulitan dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan yang mereka terima dimasa sekolah.

Pendidikan di Indonesia juga masih terjebak dalam pendekatan pengajaran yang tradisional  dan kurang inovatif. Metode pengajaran yang berpusat pada guru dan kurang memperhatikan kebutuhan  individual siswa yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Perlu dilakukan transformasi menuju pendekatan yang lebih interaktif, kreatif, dan berpusat pada siswa.

Secara keseluruhan, Pendidikan di Indonesia masih mengahadapi banyaknya problematika dan tantangan yang perlu mengalami perubahan yang dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat baik di perkotaan dan di daerah harus di pastikan merata. peningkatan kualitas pendidikan, inklusivitas, relevansi dan inovasi dalam pengajaran adalah langkah-langkah penting yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa sistem pendidikan Indonesia siap mengahdapi tuntutan dunia yang terus berkembang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline