Lihat ke Halaman Asli

Dela putrikemalgis

Saya Dela, saya merupakan mahasiswa di Universitas Gunadarma Semester 5

Covid-19 Masih Merajalela, Bagaimana Nasib Coffee Shops di Indonesia?

Diperbarui: 20 November 2021   17:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Oleh : Alinda Kartika (10819540) Dela Putri Kemalgis (11819632) Dan Khairrifo Satria N (13819284) 

Sabtu, 20 November 2021|16.00 WIB

Tangerang, 11/20/2021 - Saat ini coffee shop sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) di Indonesia, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, minum kopi adalah suatu ritual yang unik. Akhirnya minum kopi pun sudah mulai menjadi gaya hidup, baik kalangan elit, menengah, maupun masyarakat kecil. 

Bahkan seperti layaknya suatu ritual khusus, ritual minum kopi ini membutuhkan tempat yang juga istimewa untuk menikmati kelezatan kopi. 

Rasanya yang khas dan aromanya yang unik menjadikan kopi sebagai suatu hal yang menarik. Para penikmat kopi akan benar-benar memilih cita rasa kopi yang nikmat dan tempat yang nyaman untuk menikmatinya. 

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini merusak tatanan perekonomian. Banyak bisnis yang harus menjalankan adaptasi dengan konsep new normal agar bisa bertahan dari tekanan pandemi. Salah satunya adalah bisnis kedai kopi.

Coffee shop merupakan salah satu sektor usaha yang terdampak pandemi, contohnya Tempat Bercerita coffee. Pemilik usaha kedai kopi pun diperkirakan semakin bersaing memperebutkan pelanggan dengan sajian minuman kopi berkualitas, harga terjangkau dan konsep gerai lebih sederhana.

Dalam setahun terakhir bisnis kedai kopi mengalami tekanan karena adanya pembatasan sosial. Sebagian besar pendapatan dari kedai kopi hanya mengandalkan dari layanan pesan antar. 

"Pandemi ini emang agak berat, dampaknya kita jadi kekurangan omset dan orang jadi susah untuk dine in dikarenakan takut terpapar covid karena kan kebanyakan orang minum kopi datang ke tempat. Dan kita harus berpikir kreatif bagaimana caranya untuk bisa menarik konsumen" kata Fikri selaku owner Coffe TB. 

Fikri mengakui, membuka kedai di masa pandemi jadi tantangan tersendiri. Namun, ia dan rekan-rekannya tetap percaya diri dengan menjaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline