Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Digital Marketing dan Digital Branding terhadap UMKM Desa Mondo Kediri oleh Mahasiswa UB

Diperbarui: 19 Agustus 2023   14:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

i

Malang - Kelompok Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya dengan nomor urut kelompok 410 yang bertempatan di Desa Mondo, Kab. Kediri, Jawa Timur mengadakan kegiatan berupa sosialisasi pentingnya menguasai digital marketing dan digital branding di era modern yang ditujukan pada pelaku UMKM di Desa Mondo.

Rancangan kegiatan sosialisasi telah memenuhi kriteria kebutuhan desa dan disetujui oleh dosen pembimbing lapang (DPL) dari Fakultas Ilmu Komputer yakni Bapak Welly Purnomo, S.T., M.Kom. pada saat seminar proposal. Tahapan awal kegiatan ini adalah observasi dan survei mengenai masyarakat desa yang sedang menjalankan UMKM beserta produk yang pasarkan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, anggota kelompok juga menemui Ibu Wiji selaku ketua UMKM Desa Mondo.

Kegiatan sosialisasi dijadwalkan pada hari Sabtu, 15 Juli 2023, pukul 10.00 WIB yang berlokasi di Balai Desa Mondo. Mahasiswa kelompok 410 mengundang sejumlah 20 pelaku UMKM beserta 5 orang perwakilan pemerintah desa. Sosialisasi dibagi menjadi dua sesi dengan masing-masing diisi oleh 3 pemateri dengan materi yang berbeda.

Sesi pertama diisi oleh Syaumma Nurlaila (PSDKU Kediri) dengan materi Pelatihan Strategi Pemasaran dan Teknologi Informasi, Linda Amelia Putri (Fakultas Ilmu Kesehatan) dengan materi Pelatihan Pembuatan Branding Logo Produk, dan Veranda Nova Berlian Florensia (Fakultas Teknologi Pertanian) dengan materi Pelatihan Desain Kemasan Ramah Lingkungan. 

Input sumber gambar

Sesi kedua diisi oleh M. Rizky Primadani (PSDKU Kediri) dengan materi Teknik Branding Foto Produk, Erdian Akbar Yudho Winardi (Fakultas Hukum) dengan materi Pelatihan Penggunaan Platform Social Media untuk UMKM, dan Dela Muhayati Fauzi (Fakultas Ilmu Budaya) dengan materi Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce UMKM.

Pelaksanaan sosialisasi tidak hanya satu arah, melainkan juga praktik secara langsung bersama audiens sehingga mahasiswa kelompok turut memberi arahan dan membantu untuk menyelesaikan bahan praktik. Audiens terlihat antusias dengan bertanya dan bereksplorasi. Hasil sosialisasi yang didapat adalah audiens atau para pelaku UMKM Desa Mondo dapat praktik secara langsung untuk membuat akun social media, membuat desain logo produk, tata cara foto produk, dan menyebarluaskan produk melalui platform digital.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline