Meskipun pada masa pascareformasi lagu-lagu bertema cinta yang melow dan menyayat hati mendominasi industri musik Banyuwangian, bukan berarti lagu-lagu bertema masalah sosial, ekonomi, politik serta budaya lokal tidak dihadirkan oleh para pencipta. Yon's DD dan Catur Arum termasuk pencipta lagu berani menghadirkan wacana politik dalam lagu-lagu yang mereka ciptakan.
Mereka berdua, dalam album Patrol Orkestra Banyuwangi yang cukup fenomenal, memasukkan lagu Layangan. Lagu ini sangat sederhana, bertutur tentang tradisi main layang-layang rakyat Banyuwangi. Bermacam bentuk, warna, dan motif menjadi lukisan indah di angkasa ketika musim kemarau tiba. Anak-anak sampai orang tua bertemu untuk memainkan layang-layang.
(I) Usum, usum, usum layangan
Bola digelas dienggao pendetan
Aran ganjur dawa-dawaan
Sangkrahe carang wit-witan
(II) Pong-lampong nang awang-awang
Pertanda pedhot aran layangan
Yo hang ngadhang sepirang-pirang
Lare-lare padha rebutan
Reff:
Ana abang (hei), ana kuning
Ana ijo (hei), ana putih
Macem-macem kelire
Ana palang (hei), ana cunduk
Ana kop-kopan (hei), sawi-sawaian
Macem-macem gambare
Pedhote layangan, sing dadi paran
Tapi aja sampek pedhot seduluran
Gerakan Reformasi 1998 memang berhasil menumbangkan rezim otoriter-represif Orde Baru dan memberikan kebebasan kepada warga negara dalam mengekspresikan keinginan dan hak mereka. Termasuk di dalamnya hak untuk berpolitik. Pascareformasi ditandai dengan banyaknya partai politik, sampai lebih dari 20 partai.
Di satu sisi, ini membuktikan bahwa rezim negara membebaskan warga negara untuk berkumpul, berserikat, dan berpartai sesuai dengan kehendak dan rasionalitas masing-masing orang. Rezim tidak mau membatasi partai politik berjumlah tiga seperti pada masa Orde Baru.
Kondisi multipartai inilah yang menjadi rujukan kontekstual dari lirik "usum, usum layangan" (musim musim layang-layang) dalam lagu Layangan yang dilengkapi beberapa ungkapan seperti “macem-macem kelire” (bermacam warna), “macem-macem gambare” (bermacam gambar).
Namun, sebagian besar orang yang mendengarnya paham bahwa lagu ini mengingatkan kepada masyarakat bahwa pilihan partai tidak harus menjadikan mereka bercerai-berai. Apalagi sampai "pedhot seduluran", memutuskan persaudaraan dan persahabatan. Sungguh sangat naif.
Partai dan peristiwa politik seperti Pemilu merupakan realitas yang bersifat dinamis dan penuh kepentingan. Sangat disayangkan kalau hanya karena membela partai politik ataupun calon legislatif, calon presiden/wakil presiden, calon gubernur/wakil gubernur, dan calon bupati/wali kota, ikatan persaudaraan, pertemanan, dan kehidupan bermasyarakat menjadi retak.
Dengan kata lain, wacana lokalitas berupa layangan bisa dieksplorasi oleh Yon’s dan Catur untuk menghadirkan permasalahan sosial-politik bagi warga masyarakat. Mereka mengingatkan bahwa masyarakatlah yang berhak menentukan dan mengendalikan proses berpolitik. Dan, apapun yang terjadi dalam proses politik tersebut, masyarakat harus tetap mengedepankan kebersamaan dan kesatuan.