Lihat ke Halaman Asli

Deka Bagus Candra

Penulis, Motivator, Hypnotherapist, Praktisi dan Trainer Digital Marketing

Mahasiswa KKN UM Surabaya Membangkitkan Kembali Semangat Belajar Mengaji

Diperbarui: 27 Agustus 2021   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN BTV SURABAYA BARAT

Mahasiswa KKN UM Surabaya Membangkitkan Kembali Semangat Belajar Mengaji di Masa Pandemi Yang Berkepanjangan

SURABAYA - Jum'at (27/08/2021) Puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang masih menjaga ketaqwaan dan Islam dari hati kita sebagai seorang mukmin. Atas rahmat dan hidayahnya kelompok KKN Surabaya Barat 1 diberikan kesempatan untuk menyerahkan beberapa buah Al-Qur'an dan Iqro' kepada TPQ yang beralamatkan di Saritama Gg.Tower, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Surabaya.

Penyerahan beberapa buah Al-Qur'an dan Iqro ini bertujuan untuk tetap menjaga ilmu tetap berjalan dan berkembang ditengah pandemi yang sudah berjalan 2 (dua) tahun belakangan ini, serta bertujuan pula untuk menggantikan Al-Qur'an dan Iqro' yang huruf atau tulisannya sudah tidak dapat lagi dibaca dengan baik. Mahasiswa KKN kelompok Surabaya Barat 1 berharap dengan adanya Al-Qur'an dan Iqro' yang diamanatkan kepada TPQ di Saritama Gg.Tower dapat dipergunakan dengan baik dan anak-anak dapat menuntut ilmu dengan lebih semangat lagi.

Adapun keutamaan menuntut ilmu telah ditulis dalam Al-Qur'an, Allah berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan." (QS. Mujadalah ayat: 11). Dalam hadis menuntut ilmu, anjuran menuntut ilmu dimulai sejak lahir hingga akhir hayat, Rasulullah Saw bersabda: "Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat". Dalam wawancara singkat ketua kelompok KKN Surabaya Barat 1 mengatakan "Harapan yang baik kita berikan kepada adik-adik kita yang sedang menuntut ilmu di TPQ, penyerahan Al-Qur'an dan Iqro ini untuk memunculkan generasi-generasi Islam yang berpedoman pada Al-Qur'an ditengah gencarnya pengaruh negatif dari dunia luar" ujar Sindy, ketua kelompok KKN Surabaya Barat 1.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline