Lihat ke Halaman Asli

Dede Jumadi

Mahasiswa

KKN UNDIP: Lakukan Sosialisasi Demi Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Diperbarui: 13 Februari 2023   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Bahan Sosialisasi Pentingnya Minat Baca oleh Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP (24/01/2023)/Dokpri

Gambirmanis, 24 Januari 2023. Terletak di Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri SDN 01 Gambirmanis menjadi salah satu dari empat sekolah dasar yang ada di desa. SDN 01 Gambirmanis memiliki jumlah murid kurang dari 100 siswa dengan rata-rata siswa di kelas berjumlah 15. Dalam kegiatan belajar mengajar, SDN 01 Gambirmanis memanfaatkan bahan bacaan seperti buku paket sebagai pedoman belajar meskipun belum didukung dengan adanya perpustakaan. 

Terdapat beberapa bahan bacaan lain seperti majalah anak, buku cerita dan buku pengetahuan lain yang hanya dikumpulkan menjadi satu dalam rak buku tanpa melalui pengelolaan yang baik. Dengan keadaan yang demikian membuat siswa memiliki minat baca yang kurang dan tidak termotivasi untuk mengoptimalkan bahan bacaan yang ada.

Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2023 sebagai program monodisiplin mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan 2019 membuat sebuah program sosialisasi mengenai pentingnya meningkatkan minat baca. 

Dalam pelaksanaannya, sosialisasi disasarkan pada siswa kelas 5 dan 6 berjumlah 30 siswa. Peserta sosialisasi dikumpulkan dalam satu ruangan untuk kemudian diberikan edukasi mengenai ap aitu bahan bacaan dan manfaat yang didapatkan dengan membaca. Adapun beberapa manfaat membaca yang dipaparkan adalah siswa dapat meningkatkan kosa kata, menambah wawasan, membuat siswa berpikir kritis, menurunkan stress, dan memiliki pemikiran yang terbuka.

Selama pelaksanaan sosialisasi, peserta mendengarkan dengan seksama dan antusias menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai buku bacaan yang mereka sukai. Secara keseluruhan, siswa memahami apa yang telah disampaikan dalam sosialisasi. Sebagai tindak lanjut dari program kegiatan, mahasiswa menanyakan kembali apa yang telah disampaikan dan apakah siswa memiliki minat untuk membaca setelah sosialisasi dilakukan.

Guru SDN 01 Gambirmanis menyampaikan rasa terima kasih dan harapan setelah program kegiatan dilakukan siswa mendapatkan motivasi untuk lebih meningkatkan minat baca untuk menambah ilmu pengetahuan. Selain melakukan sosialisasi, mahasiswa KKN membuat luaran program kegiatan berupa poster yang ditempel di madding sekolah sehingga dapat dilihat dan dibaca oleh semua siswa.

Mahasiswa KKN berharap dengan adanya program kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya minat baca dapat membuat siswa bersemangat dan tidak pantang menyerah dalam meraih cita-cita yang diimpikan yaitu dengan banyak belajar dan membaca buku yang bermanfaat.

Pelaksanaan Program Sosialisasi Pentingnya Meningkatkan Minat Baca di SDN 01 Gambirmanis oleh Mahasiswa KKN (24/01/2023)/Dokpri

Dosen Pembimbing : Yuni Dwi Hastuti S.Kep., Ns., M.Kep, Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D., Drs. Eko Ariyanto, MT




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline