Lihat ke Halaman Asli

Deiryl Ariyadi

Universitas Brawijaya

Brand Awareness penting untuk Pemasaran Sebuah Bisnis? Berikut Alasannya!

Diperbarui: 30 Januari 2023   11:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam sebuah perusahaan, Brand Awareness merupakan elemen yang penting dari pemasaran. Brand Awareness ini merupakan kunci pada proses pemasaran suatu perusahaan atau bisnis.

Brand Awareness merupakan tolak ukur dalam pemasaran suatu bisnis. kemampuan konsumen untuk mampu mengingat dan mengenali bisnis Anda.

Mengapa Brand Awareness Penting Untuk Bisnis?

Dikutip dari Casa Kreatif, Jika konsumen bisa mengingat atau mengenali suatu bisnis dengan baik, hal ini akan berdampak pada engangement serta keputusan pembelian konsumen terhadap bisnis Anda. Konsumen pasti lebih memilih bisnis atau brand yang sudah dikenal, bukan?

Brand Awareness terlihat seperti sesuatu yang abstrak karena tidak dapat diukur dengan angka pasti. Tetapi, hal itu bukan berarti membuat brand awareness menjadi tidak penting. Tentu saja Brand Awareness merupakan kunci utama keberhasilan sebuah bisnis atau brand.

Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis

Dengan meningkatkan Brand Awareness bukan hanya mendatangkan keuntungan, tetapi membangun loyalitas konsumen yang tentu saja menguntungkan perusahaan atau bisnis dalam jangka panjang.

Berikut merupakan manfaat dari meningkatkan Brand Awareness pada Bisnis atau perusahaan:

 1. Meningkatkan loyalitas konsumen

Mendapatkan konsumen baru merupakan proses yang sangat tidak mudah, maka dari itu Anda harus mempertahankan konsumen dan membawa mereka kembali lagi sangat penting untuk masa depan bisnis Anda. Sehingga Loyalitas menciptakan tingkat keamanan tertentu untuk sebuah bisnis.

2. Membangun brand equity

Sangat penting dalam sebuah bisnis untuk membangun brand equity. Dalam dunia pemasaran, barnd equity merupakan nilai atau value dari sebuah brand. Oleh dari itu,  brand awareness ini bisa membant membangun brand equity sebuah bisnis.

3. Memotong pengeluaran pemasaran

Konsumen yang telah mengetahui dan mengenali produk dari bisnis Anda dengan baik dapat menjadi bantuan untuk memasarkan produk secara gratis. Konsumen akan mempromosikan bahkan memberikan review terhadap produk yang membuat konsumen lain juga ingin membeli. Itulah alasan mengapa meningkatkan brand awareness bisa memotong pengeluaran pemasaran.

Pastinya kalian ingin meningkatkan brand awareness pada bisnis, Anda bisa langsung menguhubungi Casa Kreatif yang dapat membantu kalian untuk menyelesaikan masalah mengenai brand awareness bisnis Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline