Lihat ke Halaman Asli

Deiryl Ariyadi

Universitas Brawijaya

Pentingkah Public Relation untuk Bisnis? Berikut Keuntungannya!

Diperbarui: 24 Januari 2023   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum memutuskan untuk berbisnis, Anda pasti paham bahwa tingkat persaingan di dunia bisnis ini cukup tinggi. Tentu ketika menjalankan usaha ingin bisnis Anda berkembang dan maju, bukan? 

Untuk mencapai hal tersebut, harus ada strategi promosi dan relasi bisnis yang luas. Di proses ini lah yang menunjukan bahwa posisi public relation dalam bisnis sangat penting.

Agar dapat bersaing secara kompetitif di pasar bisnis, Anda perlu membentuk jaringan yang luas dan kuat, baik dengan konsumen, target konsumen baru, supplier, dan juga investor. Supaya hal ini bisa tercapai dengan baik, Perusahaan membutuhkan peran dari public relation guna menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat.

Elemen terpenting di perusahaan yang sangat wajib dimiliki yaitu seorang Public Relation. Tugas utama public relation yaitu membangun serta menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan pihak luar. Selain itu public relation juga menjadi jembatan perusahaan untuk menyampaikan, mensosialisasikan, serta menyusun program yang membuat citra perusahaan menjadi lebih baik dimata masyarakat luas.

Apa itu Public Relation?

Public relation merupakan cara perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat luas serta menjaga hubungan antara perusahaan Anda dengan konsumen agar meningkatkan citra perusahaan. Biasanya Public Relation mempunyai banyak metode khusus yang berbeda dengan metode Marketing.

Bagi sebagian besar perusahaan, Public Relation dianggap merupakan elemen yang sangat penting untuk menjaga kesan positif dari konsumen. Namun, Public Relation ini bukan hanya dibutuhkan perusahaan besar, bahkan lebih dibutuhkan untuk bisnis baru karena membutuhkan branding kepada masyarakat luas.

Dengan adanya Public Relation menjadi suatu proses interaksi masyarakat dengan perusahaan untuk menciptakan pemahaman, menumbuhkan motivasi, dan membangkitkan antusias agar ikut berpartisipasi dari publik. Proses ini mempunyai tujuan yang saling menguntungkan guna membangun kepercayaan dan juga pengertian antara publik dengan perusahaan sehingga bisa tercipta citra yang baik.

Maka dari itu, kehadiran Public Relation menjadi sangat penting untuk menjalin komunikasi di berbagai sektor baik internal maupun eksternal.

 3 Keuntungan Adanya Public Relation untuk Bisnis

Public Relation memiliki banyak keuntungan untuk sebuah perusahaan atau bisnis. Dengan adanya Public Relation tentunya membawa banyak perubahan, Terutama untuk meningkatkan komunikasi perusahaan dengan konsumen ataupun masyarakat luas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline