Lihat ke Halaman Asli

Defri Irham Gufronny

Mahasiswa Universitas Siliwangi jurusan ekonomi syariah fakultas agama islam

Transformasi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia

Diperbarui: 5 Desember 2023   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masyarakat selalu mengalami perbedaan dari waktu ke waktu baik dari tatanan sosial dan budaya. secara umum perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada sistem sosial struktur sosial dan fungsi masyarakat. sedangkan perubahan budaya dipengaruhi oleh modernisasi atau perkembangan zaman, sehingga menimbulkan gejala perubahan sosial. menurut ahli sosial budaya John Lewis gillin perubahan sosial budaya adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima perubahan ini berupa kondisi geografis. 

kemudian materiil komposisi penduduk Ideologi dan penemuan baru dalam masyarakat, perubahan sosial budaya bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi yang paling umum adalah bertambah dan berkurangnya penduduk penemuan baru atau teknologi konflik dan revolusi. Indonesia juga banyak mengalami perubahan sosial budaya. Berikut ini adalah contoh perubahan sosial budaya di Indonesia berdasarkan beberapa aspek perubahan sosial yang disebabkan oleh dinamika penduduk. 

pertama berubahnya pandangan masyarakat terhadap motto banyak anak banyak rezeki. itu terjadi karena banyaknya anak terkadang bisa menjadi beban kepala keluarga. kedua meningkatnya kriminalitas, ketiga meningkatnya jumlah pengangguran, keempat meningkatnya Angka kemiskinan. 

perubahan sosial yang disebabkan oleh penemuan baru, contohnya pertama ditemukannya teknologi komunikasi digital yang menyebabkan adanya pola belanja secara online. kedua meningkatnya penggunaan media sosial, ketiga adanya pola bekerja dan belajar secara jarak jauh atau online.

perubahan sosial yang disebabkan oleh konflik atau perpecahan. contohnya pertama konflik antara ojek pangkalan dengan ojek online, kedua konflik antara buruh dan pengusaha, ketiga perang antar negara yang menyebabkan terjadinya perubahan kebijakan baru dari suatu pemerintah. pemenang perang perubahan sosial disebabkan oleh pemberontakan. contohnya pertama rasa nasionalisme bangkit setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, kedua kerusuhan pada bulan Mei tahun 1998 yang menyebabkan jatuhnya korban mahasiswa dan beberapa etnis minoritas. 

contoh lain perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar antara lain pertama gaya fashion atau cara berpakaian, kedua gaya bicara, ketiga pola pertanian, keempat sistem ekonomi, kelima kepercayaan, atau agama ke-6 pandangan hidup dalam satu masyarakat.

beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi perubahan budaya di Indonesia:

1. Pendidikan dan kesadaran: Pendidikan akan menjadi kunci dalam mengatasi perubahan budaya. Dengan meningkatkan kesadaran         masyarakat akan pentingnya budaya dan warisan budaya, dapat membantu dalam mempertahankan dan melestarikan budaya                 Indonesia.

2. Promosi budaya lokal: Mendorong promosi budaya lokal dapat membantu untuk melestarikan dan memperkenalkan nilai-nilai               budaya kepada generasi muda. Misalnya dengan mengadakan festival budaya, pameran seni, atau mengadakan acara-acara budaya       lokal.

3. Kreativitas budaya: Mendorong kreativitas dalam menciptakan produk-produk budaya yang relevan dengan tuntutan zaman dapat       membantu untuk memperkuat keberlangsungan budaya. Misalnya dengan mengembangkan produk-produk seni dan kerajinan             yang menggabungkan nilai-nilai tradisional dengan desain modern.

4. Kebijakan dan regulasi: Dukungan dari pemerintah dalam menciptakan kebijakan dan regulasi yang mendukung melestarikan                 budaya juga sangat penting. Misalnya dengan memberikan insentif bagi pelaku seni dan budaya, melindungi warisan budaya, dan         menggalakkan program-program pelestarian budaya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline