Lihat ke Halaman Asli

Defa Sari

Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Opini saya mengenai "Ilmu Pengetahuan"

Diperbarui: 11 Oktober 2024   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Menurut saya ilmu pengetahuan merupakan sesuatu hal yang dipelajari dan dipahami yang berguna dalam kehidupan. Ilmu pengetahuan dapat dijadikan sebagai petunjuk dalam mengartikan sesuatu sebagai acuan dalam kehidupan, ilmu pengetahuan merupakan suatu ilmu yang dikaji faktanya. Ilmu pengetahuan Ada melalui metode ilmiah, riset, observasi, percobaan atau bahkan berasal dari pengalaman.

Ilmu pengetahuan ada sejak dahulu dengan seiring berkembangnya zaman ilmu pengetahuan menjadi semakin kompleks atau spesifik karena akan terus ter-upgrade dengan adanya penemuan baru ataupun teknologi baru. Dapat kita lihat juga di negara yang ilmu pengetahuannya lebih maju tentu saja negara tersebut juga akan lebih maju, menjadi negara yang lebih baik dari negara yang ilmu pengetahuannya masih minim itu mengapa ilmu pengetahuan sangat penting untuk kita sebagai individu dan untuk kita sebagai masyarakat.

Ilmu pengetahuan penting untuk menjalani kehidupan dikarenakan dengan adanya ilmu pengetahuan kita mampu mengerti apa yang terjadi di sekitar kita, dan dengan adanya ilmu pengetahuan kita mampu berpikir dalam segala hal, contoh mengambil keputusan menyelesaikan masalah, memberi respon kepada suatu hal yang terjadi pada diri kita entah saat komunikasi atau saat kita menghadapi suatu hal yang tidak terduga dengan adanya ilmu pengetahuan kita dapat berpikir secara kritis untuk menjadikan kita tidak asal bicara tanpa adanya landasan yang benar. 

Dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi dan ter-upgrade nya ilmu pengetahuan membuktikan bahwa kita sangat memerlukan ilmu pengetahuan dan terus mengasah ilmu pengetahuan karena jika kita berada di dalam fase "ketidaktahuan" ataupun "ketidakmauan" untuk belajar, mengasah ilmu, menambah ilmu. Maka kita akan berada di posisi ketertinggalan.

Ilmu pengetahuan bisa menuntun atau memberikan arahan kita kepada kehidupan yang lebih baik, di dalam ilmu pengetahuan kita dapat mempelajari sesuatu hal yang benar dan yang salah, sehingga dengan kita mampu mempelajari, memahami perkembangan ilmu pengetahuan kita akan lebih mudah dalam mengatasi masalah ataupun menjalani kehidupan kita sehari-hari dengan sesuatu hal yang datang secara tidak terduga, dengan landasan ilmu pengetahuan kita dapat berpikir secara jernih secara logis karena kita memiliki landasan atas tindakan kita dan tentunya kita menjadi lebih mengerti dan memilah sesuatu hal yang akan kita lakukan.

Dalam suatu ilmu pengetahuan ada ilmu pengetahuan yang bersifat pasti yaitu ilmu pengetahuan yang memberitahu kita tentang yang "benar dan salah" selain itu ada juga ilmu pengetahuan yang bersifat fleksibel maksudnya dari fleksibel itu sendiri adalah ilmu pengetahuan ini tidak ada jawaban "salah" ataupun "benar" biasanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang bersifat sosial. Pada ilmu pengetahuan yang bersifat sosial lebih sering kita bebas beropini sesuai dengan sudut pandang kita mengenai ilmu pengetahuan itu sendiri, kita bisa menerka ilmu pengetahuan dari sudut manapun dan setiap opini dari beberapa orang tersebut tidak ada opini yang salah, namun tetap ada batasan yaitu beropini dengan memberikan fakta jadi tidak asal berbicara atau hanya sekedar opini namun kita dapat memberikan fakta atau hasil dari sebuah riset bahwa opini yang kita sampaikan itu benar.

Ilmu pengetahuan yang biasa kita pelajari dalam dunia pendidikan yaitu ilmu pengetahuan alam. Ilmu pengetahuan alam berguna untuk kita mempelajari mengenai iklim, cuaca, situasi kondisi bumi secara fisik, memahami kita manusia dan bagaimana cara kita bisa ada dan dapat mengendalikan organ tubuh, dls. dalam ilmu pengetahuan sosial kita biasanya mempelajari mengenai kondisi sosial masyarakat, mengenai masalah-masalah atau isu-isu yang ada di masyarakat, menjelaskan mengenai hubungan manusia dengan manusia lainnya manusia dengan kehidupannya manusia dengan lingkungannya, dan lain sebagainya. 

Dengan adanya perkembangan zaman di era teknologi sekarang kita mempunyai tantangan global atau globalisasi. Nah dengan adanya tantangan ini maka kita wajib untuk terus mengasah atau menambah ilmu pengetahuan untuk menjalani kehidupan kita agar kita mempunyai landasan, mempunyai arah, mampu berpikir kritis dan dapat menyaring segala informasi yang sekarang semakin pesat (ketat).

Karena di era seperti sekarang pasti yang mempunyai ilmu pengetahuan mereka dapat lebih unggul dalam segala hal, bisa jadi dalam hal membuat inovasi atau kreativitas baru, dapat mengembangkan teknologi guna untuk memecahkan masalah.

Kesimpulannya Kita wajib untuk terus belajar dan menimba ilmu pengetahuan untuk diri kita sendiri dan untuk kita sebagai masyarakat karena dengan adanya ilmu pengetahuan kita mempunyai landasan untuk menyelesaikan masalah, mempunyai petunjuk untuk bagaimana kita melangkah, landasan untuk menghadapi tantangan, seperti tantangan teknologi, ekonomi kesehatan, tantangan global dan juga tentunya tantangan sosial. kita hidup dengan terus berjalan dan berkembang sehingga kita sebagai manusia harus mampu menyesuaikan diri kita dengan adanya perkembangan di sekitar kita maka dari itu ilmu pengetahuan sangat penting. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline