Lihat ke Halaman Asli

Deffany Nurkhalishah

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

"Promosi Produk UMKM" sebagai Salah Satu Bentuk Pendampingan Usaha UMKM di Kelurahan Lebakgede

Diperbarui: 10 Agustus 2022   07:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Pertama Sosialisasi KKN: Pengelolaan Keuangan Usaha dan Promosi Produk (Dokpri)

Mahasiswa UPI pada liburan semester genap tahun 2022 sedang melaksanakan kegiatan KKN Tematik SGD's Desa di wilayah domisili masing-masing. Setiap mahasiswa tergabung kedalam kelompok dengan total anggota kelompok nya 30 orang. 

Kelompok KKN 69 yang mendapatkan lokasi KKN di Kecamatan Coblong dan Kecamatan Bandung Wetan terbagi kedalam 5 kelompok kecil yang terdiri dari Kelurahan Lebakgede, Kelurahan Dago, Kelurahan Sadang Serang 1, Kelurahan Sadang Serang 2, dan Tamansari.

Kegiatan KKN dilaksanakan mulai 11 Juli 2022 hingga 10 Agustus 2022. Dikarenakan masih masa transisi dari pandemi ke endemi, maka kegiatan KKN dilaksanakan secara hybrid atau gabungan antara luring dan daring. 

Sesuai dengan tema KKN yang didapat oleh kelompok KKN 69 yaitu "Desa Tanpa Kemiskinan" maka kelompok kecil KKN 69 Kelurahan Lebakgede membuat program kelompok "Peningkatan Ekonomi UMKM melalui Pembinaan dan Pendampingan Usaha" yang di dalam nya terdapat kegiatan seperti pendataan dan survei UMKM yang mengikuti program JULEHA (JUalan LEge HAde) yang digagas oleh Kelurahan Lebakgede, pendampingan produksi selama 3 hari, menjual produk UMKM secara luring maupun luring, serta mengadakan sosialisasi UMKM dengan 6 materi utama yaitu; akuntasi, promosi, QRIS, desain, sertifikasi, hygiene dan sanitasi.

Promosi bagi setiap lini usaha adalah bagian penting, karena tanpa promosi produk tidak akan dikenal oleh masyarakat. Beberapa orang masih menganggap bahwa promosi dan pemasaran adalah hal yang sama atau setara, namun pada kenyataan nya promosi adalah bagian dari pemasaran. Materi promosi yang disampaikan mencakup 3 poin utama yaitu definisi promosi, jenis-jenis promosi, serta cara promosi dengan media daring.

Promosi merupakan cara kita mengkomunikasikan produk/jasa kita kepada konsumen. Pemasaran adalah serangkaian langkah  untuk merencanakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan penawaran yang memiliki NILAI bagi konsumen. Promosi merupakan bagian dari komunikasi pemasaran. 

Promosi terbagi ke dalam 2 jenis :

Promosi Offline

  • Iklan (TV, radio, koran, papan reklame, majalah, transportasi)
  • Sales Promotion (SPG/SPB)
  • Menjadi sponsor di kegiatan acara tertentu
  • Mengikuti bazar

Promosi Online

  • Media Usaha pribadi (website, akun sosial media bisnis, situs pribadi)
  • Media Berbayar (social media ads, influencer)
  • Media Pelanggan (share, komen, like, review)

Pematerian Promosi Produk UMKM (Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline