Lihat ke Halaman Asli

Dyah Ku

Desainer Grafis yang hobi menulis

Belajar Menulis Kreatif dengan Jurnalisme Kebangsaan

Diperbarui: 3 April 2023   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi dari Group WA Jurnalistik Kebangsaan

Jurnalisme Kebangsaan kali ini mengajak peserta untuk ikut dalam Sesi Mentoring Kompas Gramedia bersama PGRI. Dimana peserta diajak untuk Belajar Menulis Kreatif Melalui Blog bersama Narasumber yang sudah berpengalaman sebagai Koordinator Kompas TV dan seorang blogger, yaitu Rachmawati Alida Bahaweres.

Apa yang dimaksud dengan blog? Blog merupakan situs web atau halaman web yang berisi tulisan-tulisan atau artikel-artikel yang diurutkan berdasarkan tanggal publikasinya, dimana artikel yang terbaru akan ditampilkan paling atas. Biasanya, blog dapat dijalankan secara individu atau kolaborasi beberapa penulis yang secara reguler mempublikasikan konten-konten terbaru yang berkaitan dengan topik tertentu. 

Blog dapat membahas berbagai topik, seperti teknologi, hiburan, gaya hidup, politik, dan banyak lagi. Blog biasanya juga dilengkapi dengan fitur komentar yang memungkinkan pembaca untuk memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan terkait konten yang dipublikasikan. Blog juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran untuk bisnis atau personal branding bagi individu.

Menurut Narasumber, mengapa kita harus nge-blog? karena menulis di blog merupakan salah satu proses menulis kreatif, dan dengan blog dapat berbagi informasi, ide dan inspirasi, serta dengan blog kita dapat menyimpan berbagai macam kenangan.

Dalam menulis blog, tidak ada ketentuan khusus yang harus dipenuhi, karena bahasa penulisan pada blog dan bahasa penulisan jurnalistik sangatlah berbeda. Di dalam blog kita dapat bebas bereksplorasi.

Apapun yang kita rasakan dapat kita tuliskan di blog, karena tulisan seorang blogger lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari, ada sentuhan humanis di dalamnya.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis di blog? Menurut Narasumber yang harus dilakukan adalah :

  • Mencari dan mendapatkan ide. 

Lalu bagaimana caranya kita mendapatkan ide untuk menulis? Menurut Narasumber ada beberapa cara untuk mendapatkan ide menulis di blog, seperti:

- mulailah dengan sesuatu yang sederhana

- tulislah berdasarkan pengalaman sendiri atau pengalaman orang lai

- tulislah tentang pendapat

Banyak hal yang dapat kita tuliskan pada blog kita, seperti tema-tema mengenai tempat-tempat yang pernah kita kunjungi seperti tempat wisata. Selain itu seorang blogger juga dapat menuliskan tema kuliner, pengalaman pribadi, tips seperti tips memasak atau merawat bayi, review dapat berupa review buku yang menginspirasi atau review produk-produk tertentu, atau dapat juga berisi mengenai materi-materi ketika kita mengikuti seminar/workshop/diklat/meeting.

  • Membuat poin-poin penulisan

Tujuan dari membuat poin-poin penulisan adalah untuk memudahkan pembaca dalam memahami dan mengingat informasi yang disampaikan oleh penulis. Dengan menggunakan teknik ini, penulis dapat menghindari kebingungan atau kebingungan yang mungkin timbul jika informasi tersebut disajikan dalam bentuk paragraf panjang yang tidak terstruktur.

  • Mulai Menulis di Blog

Ada banyak platform blog yang dapat kita gunakan untuk mengekspresikan diri kita melalui tulisan, seperti Blogspot, WordPress, Kompasiana, Tumblr, dan masih banyak lagi.

  • Menambahkan foto dan ilustrasi

Tulisan dalam blog akan lebih menarik ketika dilengkapi foto. Foto yang menarik tidaklah harus menggunakan perlengkapan fotografi profesional, cukup dengan foto dari smartphone sudah dapat melengkapi tulisan kita di blog.

Lengkapi juga blog kita dengan ilustrasi dan desain.

  • Berbagi Tulisan

Kadang beberapa blogger merasa kurang percaya diri ketika ingin mem-publish tulisannya. Hilangkan rasa tidak percaya diri, karena tulisan kita di blog ini bisa memiliki efek yang baik unutk orang lain.

Kunci Nge-blo ada dua menurut Narasumber, yaitu Konsisten untuk mengisi blog dan Konten merupakan kunci.

Tidak sulit untuk mulai nge-blog, mari kita mulai nge-blog bersama Jurnalisme Kebangsaan, Kompas Gramedia dan PGRI.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline