Lihat ke Halaman Asli

Dian Kusumawardani

Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Jangan Khawatir, Ada Banyak Masakan Korea Halal yang Bisa Dinikmati

Diperbarui: 22 Juni 2020   15:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masakan Korea Halal | Flickr

Drama Korea tak hanya menghibur, tetapi juga bisa menjadi saluran budaya yang cukup berhasil. Pecinta drama Korea tak hanya menikmati jalan ceritanya, tetapi juga tertarik untuk mencoba masakan Korea yang hampir au ditampilkan di setiap drama Korea. Saya sangat kagum, betapa sineas Korea sangat peduli dengan kebudayaan bangsanya. Melalui karyanya mereka mempromosikan masakan Korea dan budaya-budaya Korea lainnya. Ini yang jarang ditemukan di drama-drama Indonesia.

Kalau ditanya apa masakan Korea yang pernah saya coba, rasanya bisa dihitung dengan jari. Masakan yang pernah saya makan adalah Bulgogi, Ramyeon, Tokebi (Hot Dog Kentang), dan Maeun Dakbal (Ceker Pedas ala Korea).

Saya jarang makan masakan Korean. Selain terkadang sulit mendapatkan masakan Korea halal, juga masih jarang kedai yang menjual masakan Korea di Surabaya. Kalaupun ada, pasti kelasnya ya restoran mewah gitu. Masih belum ramah di kantong, hehehe.

Masakan Korea

Masakan Korea adalah makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan cara memasak orang Korea. Masakan Korea ini jenisnya bermacam-macam, mulai dari masakan khas istana yang aneh sampai makanan khas daerah serta perpaduan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan serta cara penyiapannya yang sangat berbeda.

Banyak sekali makanan Korea yang sudah mendunia, seperti Kimchi, Tteokbokki, Ramyeon, Bulgogi, Jjajangmyeon dan lain sebagainya. Masakan Korea dikenalkan melalui drama-drama Korea yang banyak pemggemarnya itu. Tidak hanya drama Korea bergenre kuliner seperti Dae Janggeum (Jewel in the Palace), Pasta, Let's  Eat ataupun Oh My Ghost, hampir semua drama Korea mengenalkan masakan Korea dalam ceritanya. Seperti bagaimana Jjajangmeyon begitu hits disebut di drama Korea Hospital Playlist yang merupakan drama  Korea dengan genre medis pun mengenalkan jenis masakan Korea.

Bahan Dasar Masakan Korea

Kalau diperhatikan, dari beragamnya masakan Korea yang ada, memiliki bahan dasar yang sama. Masakan Korea sebagian besar berbahan beras, mi, tahu, sayuran dan daging. Daging yang dipakai dalam masakan Korea pun beragam, mulai dari daging ayam, sapi, babi bahkan anjing.

Masakan Korea yang tradisional ada yang disebut dengan banchan. Banchan ini adalaha jenis masakan Korea yang merupakan makanan sampingan yang biasa disajikan dengan nasi putih dan sup.

Bumbu Dasar Masakan Korea

Bumbu-bumbu dasar yang biasanya terdapat dalam masakan Korea adalah minyak wijen, doenjang, kecap, saus cabai (gochujang), jahe dan bawang putih.  Masyarakat Korea adalah konsumen bawang putih terbesar sedunia diatas Cina, Thailand, Jepang, Spanyol, Italia dan Yunani.

Oh ya, masakan Korea berbeda setiap musimnya. Selama musim dingin, biasanya makanan tradisional yang dikonsumsi adalah kimchi dan berbagai sayuran yang diasinkan di dalam gentong besar yang disimpan di bawah tanah di luar rumah. Persiapan pembuatan masakan Korea biasanya sangat membutuhkan kerja sama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline