Lihat ke Halaman Asli

Dian Kusumawardani

Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Kultum dari Masa ke Masa

Diperbarui: 17 Mei 2020   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku Kegiatan Ramadan | Guru Kecil

Pagi ini saat melihat anak-anak sekitar bermain sepeda, tiba-tiba kenangan saya kembali ke masa lalu. Saya teringat kenangan Ramadan di masa kecil. Kala itu ada satu kesibukan yang saya lakukan di bulan Ramadan adalah mencatat isi kultum (kuliah tujuh menit) saat selesai shalat tarawih.

Kultum
Kultum adalah singkatan dari kuliah tujuh menit. Kuliah adalah proses memberi dan menerima ilmu. Tujuh menit menggambarkan singkatnya waktu yang dibutuhkan. Dengan demikian Kultum adalah semacam forum atau majelis untuk berbagi ilmu atau dakwah. Kultum diberikan pada umumnya saat dalam bulan ramadhan dan dilaksanakan pada bakda shalat isya' menjelang shalat tarawih dan bakda shalat subuh.

Kultum ini juga diatur dalam Al Qur an dan Hadist lho. Kultum adalah bagian dari dakwah. Bebedapa aturan tentang kultum yang terdapat di Al Qur an antara lain :

1. (Q -- AN  NAHL : 16 : 125) : Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

2. (Q -- AL 'ASHR : 103 : 1 -- 3) : Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,  kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

3. (Q -- Al Balad : 90 : 17) : Dan dia (tidak pula) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang

Ada juga beberapa hadist yang menjelaskan tentang kultum sebagai bagian dari dakwah.

1. Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat (HR. Bukhari)

2. Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya (Sumber: Dr. Muhammad Faiz Almath, "1100 Hadits Terpilih", Penerbit Gema Insani Press, Jakarta 1996) HR. Bukhori, hal 114)

3. Wahai Aba Dzar, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabulloh lebih baik bagimu dari pada sholat (sunnah) seratus (100) rokaat dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik dari pada sholat seribu (1000) rokaat (HR. Ibnu Majah, hal 206)

Kenangan Kultum di Masa Kecil

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline