Lihat ke Halaman Asli

Diklat Wawasan Kebinekaan Global bagi Mahasiswa PPG Daljab 2023

Diperbarui: 9 Juli 2023   22:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Google Meet Diklat WKG 2023. Dokpri

Apa jadinya jika semua manusia di dunia ini seragam? (warna kulitnya, bahasanya, adat istiadatnya, budayanya, semuanya sama.)

Apakah Anda pernah terpikir untuk dilahirkan kembali sebagai bangsa lain? Jika ya, ingin dilahirkan sebagai bangsa atau warga negara mana? Jika tidak, kenapa?

Menurut Anda, apakah dunia saat ini damai-damai saja, atau sebaliknya?

Tersebut di atas adalah pertanyaan pemantik pada sesi awal diklat yang di adakan oleh Universitas Negeri Malang yang di ikuti oleh Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023 yang terdiri dari 29 Mahasiswa dari Program Guru Penggerak dan 29 Mahasiswa Kelas Teknik Informatika dan Komunikasi. Dosen yang bertugas sebagai Instruktur pada Diklat tersebuat adalah Prof. Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. dan Dr. Hary Suswanto, M.T. 

Kegiatan Diklat tersebut dilaksanakan dengan sistem daring Synchronous  (10 JP, @50 mnt) pada hari Minggu, 9 Juli 2023.

Adapun Topik Pembahasan meliputi : 

  1. Kebinekaan Global

Setelah pembahasan topik pertama ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pentingnya menerima perbedaan, menganalisis jenis-jenis kerentanan dan implikasinya terhadap kebinekaan, dan memberikan contoh nyata lewat tindakan praktik kebinekaan.

  1. Kebinekaan Indonesia

Setelah pembahasan topik kedua ini mahasiswa diharapkan mampu memahami makna toleransi dan bagaimana cara mempraktikkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mampu menganalisis penyebab kerentanan akan kebinekaan, dan memahami nilai-nilai dalam Profil Pelajar Pancasila dan cara mengaplikasikannya dalam kehidupan berbagsa dan bernegara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline