Lihat ke Halaman Asli

Kudidik Anakku untuk Cinta Wisata Indonesia

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1414596967675324286

Semua orang pasti setuju jika Indonesia dijuluki negeri 1001 wisata (http://www.indonesia.travel/wonderfulindonesia). Bagaimana tidak, Indonesia diapit dua benua dan dua samudra, ditambah lagi negara Indonesia terletak di garis khatulistiwa sehingga memiliki keanekaragaman yang tiada tandinnya khususnya keanekaragaman flora dan fauna, biota, kebudayaan, masyarakat sampai keindahan alam sehingga menjadi surga bagi para traveller dan wisatawan domestik maupun asing. Berikut ini beberapa jenis wisata yang dapat ditemui di Indonesia.


  1. Wisata gunung seperti area pegunungan, perkebunan, kawah gunung dan air terjun.
  2. Wisata pantai seperti keindahan pantai dan air lautnya, wisata bawah laut dan hutan mangrove.
  3. Wisata hutan konservasi meliputi Kebun Binatang, Taman marga satwa, Taman Safari
  4. Wisata taman rekeasi seperti taman kota, hutan kota
  5. Wisata sungai seperti transportasi sungai, arum jeram
  6. Wisata budaya seperti acara adat istiadat, pergelaran budaya,
  7. Wisata sejarah meliputi bangunan sejarah, bangunan candi
  8. dll

Dengan berwisata, sebenarnya ada nilai positif yang dapat kita ambil hikmah khususnya bagi yang mempunyai anak kecil, seperti nilai sosial (peduli terhadap wisata Indonesia), nilai sejarah (mengetahui asal dan berdirinya objek wisata) dan nilai pendidikan (memberi pengetahuan baru) untuk anak kita. Sepatutnya ketika berwisata kita sebagai orang tua dapat mendampingi dan memberi informasi mengenai objek wisata yang dikunjunginya sehingga anak dapat mengambil nilai positif dari wisata tersebut. Berikut ini nilai positif yang kuberikan kepada anakku lewat wisatanya.


WISATA PEGUNUNGAN

Gunung Bromo

Siapapun pasti mengenal keagungan gunung yang satu ini, gunung dengan lautan pasir yang sudah tersohor sampai ke mancanegara. Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Suasana yang paling eksotik adalah ketika melihat sunrise di gunung bromo dari penanjakan. Setiap tahun dalam bulan tertentu masyarakat suku Tengger mengadakan upacara Kasada yaitu upacara dengan mempersembahkan sayuran, ayam, dan uang yang dibuang ke dalam kawah gunung berapi untuk dipersembahkan kepada dewa Selain gunung Bromo terdapat lokasi menarik lainnya yaitu padang Savana, pasir berbisik dan bukit Teletubies. Untuk dapat ke lokasi Bromo  bisa ditempuh 2 kendaraan yaitu sepeda motor dan Hartop mulai dari pintu masuk Taman Nasional ini. Saya mengajak anak kesini untuk menambah wawasan anak bahwa negara Indonesia memiliki keindahan alam yang sulit di tandingi oleh negara lain sehingga, ketika sudah pulang dirumahpun anak saya masih menceritakan bahwa senangnya bisa melihat Gunung Bromo dengan berkata,"pa Gunung Blomo bagus ya pa.."

Gunung Kelud

14145982181616239341

Selain gunung Bromo, di Jawa Timur juga terdapat gunung terkenal lainnya dan selalu dipadati oleh wisatawan yaitu gunung Kelud. Lokasi gunung ini terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten Kediri dan kabupaten Blitar. Gunung yang mempunyai ketinggian 1731 meter dibawah permukaan laut ini terakhir mengeluarkan erupsi pada 13 februari 2014, sampai sekarang masih belum dibuka untuk umum karena kondisinya yang masih membahayakan dan porak poranda. Sebelum terjadi erupsi, selain berwisata melihat pemandangan anak gunung Kelud kita dapat menikmati hangatya sumber air panas yang terletak di bawah area gunung Kelud. Untuk sampai ke lokasi sumber air panas kita harus menyiapkan fisik karena harus melewati anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak. Bukan itu saja, dalam perjalanan menuju kawasan ini kita dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa sehingga tidak akan pernah hilang dari ingatan kita keindahan wisata gunung Kelud ini. Di lokasi ini saya menceritakan kepada anak saya bahwa gunung kelud ini berbeda dengan gunung Bromo yang pernah didatangi, karena Gunung Bromo berbentuk kuwah sedang Gunung Kelud berbentuk kubah sehingga akan menambah wawasan anak saya tentang wisata gunung yang ada di Indonesia.

Wisata Air Terjun Kakek Bodo

14146011781517136691

Wisata air terjun Kakek Bodo terletak dilereng gunung Welirang, tepatnya di kawasan Tretes, Prigen. Dengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut menjadikan kawasan ini berhawa dingin dan sejuk. Diarea wisata air terjun juga terdapat area taman bermain untuk anak-anak dan kolam renang sehingga menjadikan wisata air terjun lebih bersifat wisata keluarga. Untuk dapat ke lokasi air terjun, kita harus berjalan sejauh 800 meter dengan rute jalan naik turun sehingga selain kita berwisata otomatis kita juga berolah raga. Diarea ini juga memiliki spot potografi sehingga akan sangat cocok bagi pecinta poto untuk mengabadikan keindahan alam yang disajikan wisata air terjun Kakek Bodo. Disini saya menjelaskan bahwa negara Indonesia memiliki banyak wisata yang alami, salah satunya adalah air terjun. Ini merupakan wisata baru bagi anak saya selain wisata pantai, candi dan gunung sehingga akan menambah rasa syukur anak kepada Tuhan YME akan ciptaanNya.

Wisata Pemandian & Air Terjun Pacet

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline