Lihat ke Halaman Asli

Dedy Ramadhan

Communication Student at Djuanda University

Perubahan Kecil yang Berdampak Besar (Terinspirasi dari Buku Atomic Habits Karya James Clear)

Diperbarui: 21 Januari 2024   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Website Gramedia

 

Sering kali kita berpikir bahwa sangat sulit untuk merubah kebiasaan baik dalam kehidupan sehari. Perlu diketahui bahwa sebelum kita melakukan perubahan yang besar, kita harus memulai dengan perubahan kecil terlebih dahulu. Dalam buku James Clear yang berjudul Atomic Habits, melakukan kebiasaan baik 1% setiap hari akan menjadikan kita 37x lebih baik dalam setahun. 

Melakukan kebiasaan buruk 1% setiap hari, maka kita akan terus menurun secara bertahap. Kebiasaan kecil ini sangat penting bagi kita jika ingin mengubah kebiasaan baik. Contohnya adalah jika kita ingin menjadi seorang penulis, apakah kita langsung menulis sebuah buku? Tentu saja tidak. Hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menjadi seorang penulis adalah membaca dan juga menulis setiap hari. 

Tidak perlu satu hari membaca satu buku dan satu hari menulis 100 halaman. Jika bisa tentu saja lebih baik, tetapi kita bisa memulainya dengan membaca setiap hari 1 halaman. Ya, memang terkesan sedikit, tapi ini akan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Membaca membuat otak kita terbiasa dengan kata-kata, ini membuat kita mudah untuk mengolah sebuah kata menjadi sebuah kalimat.

Banyak dari kita sering berpikir tentang hasil yang akan didapat, bukan bagaimana caranya untuk meraih hasil tersebut lewat proses dan hal-hal kecil yang kita lalui. Perlu diketahui bahwa proses jauh lebih penting daripada hasil. Proses merupakan tempat kita belajar. Dalam proses inilah kita mendapatkan sebuah pelajaran yang penting dan berharga. Tidak ada manusia yang sukses tanpa melalui sebuah proses.

Sekarang, bagaimana cara agar kebiasaan baik terus kita lakukan? Berikut tips menurut James Clear dalam bukunya Atomic Habits:

Buat kebiasaan yang terukur dengan jelas

Kita tidak dapat mengubah apa yang tidak kita ketahui, sayangnya kebiasaan diatur dalam alam bawah sadar kita. Maka dari itu, kita perlu mewaspadai kebiasaan kita dan apa yang memicunya.

Buat kebiasaan yang menarik

Kita melakukan sesuatu karena hal tersebut menyenangkan kita. Mengaitkan hal-hal yang perlu kita lakukan dengan hal-hal yang ingin kita lakukan dapat membuat kita lebih termotivasi membentuk kebiasaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline