Lihat ke Halaman Asli

Dedy Gunawan

Suami dari seorang istri yang luar biasa dan ayah dari dua anak hebat.

Buah Bermitra

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GUBERNUR Sumatera Utara (Gubsu) H. Gatot Pujo Nugroho kian optimis melihat mutu pendidikan di Sumut yang kian meningkat. Meningkatnya mutu pendidikan tersebut tak lepas dari buah kemitraan yang dibangun Gubsu dengan USAID PRIORITAS.

Sebagai bukti, ribuan guru yang dilatih USAID PRIORITAS kini telah menunjukkan sekelebat gemilang kinerjanya. Mereka sudah terampil mendesain, melaksanakan dan menilai model pembelajaran aktif (active learning). Tak heran jika Gatot memuji capaian program lembaga AS itu. “Saya sangat mengapresiasi pencapaian program USAID PRIORITAS di 15 kabupaten/kota di Sumatera Utara,” ujar Gatot saat menerima kunjungan Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Agus Marwan di Kantor Gubsu, Medan, Selasa (20/4).

Atas keberhasilan itu, Gatot menyatakan, pihak kegubernuran Sumut terus mendorong pemerintah daerah di 15 mitra USAID PRIORITAS untuk menyebarluaskan program USAID PRIORITAS. “Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga akan menyebarluaskannya melalui APBD Provinsi. Saya juga minta kepada Dinas Pendidikan Provinsi untuk menyebar-luaskan program USAID PRIORITAS kepada kabupaten/kota di luar mitra USAID PRIORITAS,” terangnya.

Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Agus Marwan mengatakan, pihaknya telah berhasil mengembangkan mutu 929 SD, SMP dan Madrasah. Selain itu, atas kerja kerasnya selama ini, USAID PRIORITAS juga sukses meningkatkan kapasitas lebih dari 4.902 tenaga pendidik dan kependidikan. “Porsi terbesar yang mendapatkan manfaat dari program ini adalah guru, sebanyak 72 persen dan kepala sekolah, 13 persen,” ungkapnya.

Karena itu, Gatot juga meminta agar manfaat dari program USAID PRIORITAS bisa dirasakan tidak hanya oleh tenaga pendidik yang berlatar kependidikan tetapi juga dari non kependidikan. Merespon permintaan Gubsu, Agus Marwan menambahkan, dukungan Gubsulah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan program USAID PRIORITAS. Gubsu selalu mendorong kabupaten/kota mitra USAID PRIORITAS agar terus berkomitmen menyediakan layanan pendidikan bermutu.

Komitmen itu direalisasikan kabupaten/kota dengan mengalokasikan APBD untuk menjalankan perluasan dampak. Pada 2015 sebanyak 10 kabupaten/kota mitra USAID PRIORITAS telah mengalokasikan 20 miliar dari keuangan pemkab untuk diseminasi. "Keberhasilan Program USAID PRIORITAS di Sumatera Utara juga keberhasilan Gubernur Sumatera Utara," jawab Agus Marwan.

Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan kelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. Di Sumut USAID PRIORITAS bekerja di 15 kabupaten/kota (Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai,  Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan) dan 2 Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yaitu Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Program ini memberikan manfaat langsung kepada lebih dari 160 ribu siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline