Lihat ke Halaman Asli

Tips Mengajar Membaca Bagi 'si Kecil'

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ini adalah pengalaman pribadi dan sudah dicobakan kepada 'si kecil' yang berumur 4 tahun. Dengan menggunakan kartu huruf berbentuk persegi atau persegipanjang dengan ukuran 10cm x 7 cm yang selanjutnya ditempeli huruf. Huruf yang dikenalkan cukup 4 huruf dulu, yaitu huruf a, huruf i, huruf m, dan huruf n. Usahakan menggunakan tipe huruf yang cukup banyak digunakan (pengalaman saya menggunakan type font Times New Roman), menggunakan huruf kecil (bukan kapital dan ukuran huruf yang relatif besar, serta masing-masing huruf dibuat sebanyak 4-5 buah tergantung kebutuhan. Dari keempat huruf itu selanjutnya disusun sedemikian sehingga membentuk kata-kata yang familiar bagi 'si kecil'.

Pelajaran Pertama, dengan menyusun huruf-huruf tersebut yang terdiri dari dua suku kata berulang dengan huruf awal konsonal semisal: m-a-m-a;   m-i-m-i;    n-a-n-a;   n-i-n-i.   Susunan tersebut tentunya diulang-ulang sampai mahir.

Pelajaran Kedua, dengan menyusun huruf-huruf tersebut (lagi) yang terdiri dari dua suku kata yang berbeda dan masih diawali dengan huruf konsonan semisal:  m-a-n-a;   m-i-n-i;   n-a-m-a;   n-i-m-i;  m-a-n-i (ups...!);   m-i-n-a;  n-i-n-a; dan seterusnya.

Boleh dicoba. Oh ya, 'ilmu' ini diperoleh dari seorang guru yang telah mengabdikan diri selama 42 tahun untuk pembelajaran siswa SD kelas rendah (Terima kasih buat Bapak ISMAIL AMONGGEDO yang telah memasuki masa pensiun, ilmu Bapak, Alhamdulillah sangat 'tokcer' hanya dalam tempo 1 bulan, 'si kecil' RIRI yang usia 4 tahun sudah mulai membaca buku-buku kakaknya walaupun masih mengeja).

sumber gambar: www.raihaanah.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline