Lihat ke Halaman Asli

Dedy Padang

Orang Biasa

Disiplin Biar Sehat

Diperbarui: 16 November 2019   14:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ada 24 jam dalam satu hari dan setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengisinya dengan berbagai kegiatannya masing-masing. Ada yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis, bekerja di kebun, bekerja di sebuah perusahaan dan ada yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar dan mengembangkan bakatnya.

Banyak kegiatan yang bisa kita isi selama 24 jam atau selama satu hari hidup kita di dunia ini. Namun, kita juga perlu menyadari bahwa kita baru akan mampu melakukan kegiatan setiap hari jika keadaan tubuh kita sehat.

Untuk itu, selain mengisi waktu 24 jam dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, kita juga perlu memperhatikan kesehatan tubuh kita yang merupakan aset utama dalam hidup kita.

Lalu apa yang bisa kita lakukan agar menjaga tubuh tetap sehat? Dalam artikel ini saya hendak membagikan pengalaman saya sendiri dalam menjaga tubuh agar tetap sehat.

Menurut saya, hidup itu harus disiplin. Bukan saja disiplin untuk hadir di kantor atau di kampus tetapi juga disiplin dalam ritme hidup. Ritme hidup yang disiplin membuat tubuh tetap dalam keadaannya yang baik dan sehat. Berikut ritme hidup yang selama ini saya sikapi secara disiplin dan membuat saya tetap sehat hingga kini.

Bangun Pagi dan Tidur Malam

Kegiatan satu hari berawal dengan bangun pagi. Kita tidak akan bisa melakukan suatu kegiatan apa pun jika kita masih dalam keadaan tidur selain dari pada tidur itu sendiri. Untuk itu kita mesti disiplin dalam bangun pagi.

Ada orang yang membuat jam bangunnya pukul 04.00 WIB dan ada pula yang 05.00 WIB. Jam bangun seseorang tidak mesti sama karena bergantung pada kegiatan apa yang akan dilaksanakan selanjutnya.

Namun disiplin yang dimaksud dalam hal bangun ini ialah konsisten pada jam bangun yang telah kita tetapkan setiap harinya.

Jika kita telah membuat pada jadwal harian untuk bangun jam 04.00 maka itu harus kita taati setiap harinya. Atau pun jam 05.00, kita juga harus mentaatinya dan tidak boleh lewat atau kurang dari waktu tersebut. Manfaat yang bisa kita peroleh ialah kita melatih tubuh kita untuk memenuhi kebutuhan istirahatnya.

Sementara itu, kerugian yang akan kita peroleh jika tidak disiplin dalam hal bangun ialah tubuh tidak pernah merasa cukup untuk istirahat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline