Lihat ke Halaman Asli

Penelitian Pengembangan Konten MOOC melalui Pembelajaran Proyek Berbasis Design Thinking

Diperbarui: 10 November 2024   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Penelitian

Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini telah memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran di dalam lembaga pendidikan. Pemilihan konten-konten pembelajaran yang tepat dan menarik dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.  Oleh karena itu diperlukan upaya kreativitas dan inovatif dari dosen untuk terus mengembangkan media pembelajaran sehingga tercipta proses pembelajaran yang efektif. Penggunaan konten pembelajaran yang berbasis online merupakan karakter pendidikan dewasa ini, dimana pembelajaran lebih banyak memadukan antara berbasis online dengan memanfaatkan berbagai platform seperti Learning Management System (LMS) atau melalui Massive Open Online Courses (MOOC).

Saat ini era proses pembelajaran tidak hanya dilakukan secara konvensional atau melalui teatap muka saja, tetapi telah berkembang secara dalam jaringan (online). Kegiatan pembelajaran dengan sistem daring memerlukan strategi khusus dalam menyediakan konten-konten pembelajaran yang dapat digunakan dalam perkuliahan. Pelaksanaan pembelajaran online di Universitas Negeri Malang saat ini dapat dilaksanakan melalui LMS SIPEJAR atau melalui MOOC.

Dalam rangka menunjang efektivitas pembelajaran dan meningkatkan minat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan maka dibutuhkan pengembangan konten-konten pembelajaran yang menarik yang dapat ditampilkan dalam MOOC Universitas Negeri Malang. Pengembangan konten-konten MOOC ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa tetapi juga dapat dikembangkan dan dibuka kepada semua pihak yang berminat untuk mempelajari materi tertentu.

Penelitian yang diketuai oleh Dedi Prestiadi dkk, ini bertujuan untuk mengembangkan konten di MOOC Universitas Negeri Malang yang dilakukan untuk mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan melalui pengembangan motede pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan design thinking. Melaui pengembangan konten pembelajaran ini diharapkan akan memudahkan mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan serta mampu menghasilkan produk berupa desain Sistem Informasi Manajemen yang dilakukan melalui pendekatan design thinking, sehingga melalui pembelajaran yang didesain melalui proyek diharapkan akan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi  mahasiswa.

Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran dan pemanfaatan platoform MOOC yang dirancang khusus untuk mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan pada skor post-test kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Pembelajaran berbasis MOOC memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara fleksibel dan mandiri melalui akses materi yang disediakan secara asinkron. Ini mendukung prinsip pembelajaran konstruktivis, di mana mahasiswa berperan aktif dalam membangun pemahaman mereka sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline