Lihat ke Halaman Asli

DEDIK HARIYANTO

Seorang guru Teknik Pemesinan SMK Negeri Klakah (Pola Pesantren) Pusat Keunggulan

Keren! Teknik Pemesinan Pusat Keunggulan SMKN Klakah

Diperbarui: 15 Februari 2023   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI

Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri Klakah merupakan salah satu jurusan yang menjadi Pusat Keunggulan yang mencetak siswa SMK yang "Bertaqwa, Profesional, dan Berbudaya Lingkungan". Melalui Kompetensi tersebut mampu membuat Teknologi Tepat Guna berupa mesin serut bambu, mesin pencacah pakan ternak, mesin perajang singkong, mesin pellet dan mesin pembuat kompos yang bernama POLOS (Pupuk Organik Low Cost). 

Proses pembuatan Teknologi Tepat Guna diawali dengan membuat desain mesin  menggunakan softwere Autodesk Inventor profesional 2022. Kegiatan ini dikerjakan di Lab. CAD oleh siswa Teknik Pemesinan. Pemanfaatan Lab. CAD Program SMK Pusat Keunggulan salah satunya pengimbasan pada sekolah sekitar termasuk MGMP Teknik Mesin yang beranggotan 6 SMK di Kabupaten Lumajang. 

MGMP Teknik Mesin Kabupaten Lumajang memiliki program kerja tatap muka setiap bulannya, sehingga pada kesempatan ini terpilihlah Lab. CAD SMKN Klakah sebagai lokasi kegiatan, selain dilengkapi dengan komputer dan TV Android 73" juga dilengkapi Printer 3 Dimensi. Kegiatan tersebut juga mendapatkan fasilitas pendampingan dari Universitas Jember jurusan Teknik Mesin.

DOKPRI

DOKPRI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline