Lihat ke Halaman Asli

Dedi Hartono

MAHASISWA

Artikel Usaha Konter Cellular

Diperbarui: 14 Desember 2023   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel

Usaha konter pulsa

  • Nama pemilik : Muhamad Lasim
  • Nama Toko : ML_ Cellular
  • Jenis usaha : UMKM
  • Sejarah berdirinya usaha : Muhamad lasim adalah pemilik usaha konter cellular, ia lahir di serang pada tanggal 20 april 2001,awal mula ia merintis karir yaitu sebagai karyawan pabrik di sebuah perusahaan dan Ketika sedang bekerja  ia memiliki ide untuk membuka usaha konter cellular, kemudian dia mencari rekan bisnis di bidang tersebut. Ia mengajak temannya untuk bekerja sama mendirikan usaha konter tersebut. setelah melewati waktu kurang lebih 6 bulan ia kemudian memiliki usaha konternya  sendiri dan di kelola dengan baik olehnya. Usaha konter ini di beri nama ML_CELLULAR yang di ambil dari namanya sendiri yaitu Muhamad Lasim.
  •  Berbagai upaya mempersiapkan usaha bisnis yang di lakukan mulai dari persiapan awal :
    • Mempersiapkan modal
    • Mempersiapkan modal usaha untuk membeli barang-barang seperti alat servis hp, soft case hp, etalase,spanduk, menyewa ruko, dll.
    • Mencari letak ruko yang strategis
    • Letak ruko yang strategis merupakan ide yang penting untuk meningkatkan kualitas konter.
    • Mempersiapkan toko agar lebih menarik
    • Ini merupakan sebuah ide untuk menarik pelanggan agar mudah ditemukan oleh pelanggan.
    • Memberi nama toko
    • Pemberian nama toko sangat penting agar mudah di ingat oleh pelanggan.
  • Proses produksi : Proses produksi usaha konter pulsa tidak melibatkan proses produksi makanan. Sebaliknya, bisnis melibatkan serangkaian transaksi elektronik untuk memfasilitasi pengisian pulsa pada perangkat telekomunikasi. Berikut langkah-langkah umum menjalankan usaha konter :
    • Pendaftaran sebagai agen pulsa
    • Daftar sebagai agen pulsa melalui penyedia layanan pulsa atau distributor resmi
    • Pembelian saldo pulsa
    • Pembelian sparepart handphone
    • Pembelian sparepart handphone seperti lcd, softcase, dll
  • Strategi mendapatkan bahan baku :
    • Melalui agen resmi
    • Melalui sales
    • Melalui toko
  • Startegi meningkatkan kualitas prooduk :
    • Menata produk dengan rapi
    • Selalu membersihkan konter agar pelanggan nyaman
    • Memberikan definisi produk
  • Strategi mengembangkan pasar :
    • Melalui media social seperti whatsapp
    • Melalui teman
    • Dari mulut ke mulut
  • Strategi meningkatkan kualitas layanan :
    • Berpenampilan rapih
    • Ramah dan sopan santun
    • Fast respon
  • Strategi meningkatkan loyaliltas pelanggan :
    • Mudah berinteraksi
    • Melayani pelanggan meskipun tidak jadi membeli
  • Strategi meningkatkan sumber daya manusia handal :
    • Training
    • Membaca buku
    • Belajar dari kegagalan
    • Pengelolaan waktu
    • Sharing pengalaman
  • Strategi meningkatkan kompetensi SDM :
    • Pelatihan dan pengembangan
    • Kreatifitas dan inovasi
    • Meningkatkan literasi digital agar tidak ketinggalan informasi
  • Jenis-jenis peralatan :
    • Etalase konter
    • Gantungan aksesoris
    • Spanduk konter
    • Kursi konter
  • Jenis-jenis bahan :
    • kartu perdana
    • Kartu voucher internet
    • Softcasae hp
    • Tempered glass
    • Charger hp
    • Kabel charger
    • Headshet
    • dll
  • Perijinan :
    • Melalui pemilik toko
    • Izin ke rt dan rw setempat
  • Jumlah pendapataan kotor perhari/perbulan :
    • Rp.2 juta perhari
  • Jumlah pendapatan bersih :
    • Rp.300 rb per hari
  • Strategi mengembalikan modal usaha yang di infestasikan :
    • Menawarkan produk
    • Menambahkan aksesoris lain seperti pemasangan tempered glass hp
    • Membuka jasa servis hp
    • Membuka jasa top up saldo, dll
    • Kerjasama dengan teman
    • Memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan seperti ramah, cepat, dan professional
    • Menyediakan stok terbaru
    • Survey lapangan untuk menentukan harga jual
    • Evaluasi kinerja
  • Berbagai kendala yang terjadi:
    • Sepi nya pelanggan
    • mengantri saat ramai pelanggan
  • Startegi mengatasi kendala :
    • Membuka konter lebih awal dari biasanya
    • Menambah aksesoris lain
    • Menambah kemampuan diri agar lebih cepat dan teliti saat ramai pembeli

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline