Lihat ke Halaman Asli

Sehat Itu Murah dan Sehat Itu Mudah!

Diperbarui: 9 September 2016   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hidup sehat tentu saja menjadi impian bagi siapa pun termasuk saya pribadi. Namun akibat perubahan gaya hidup, diantaranya pola makan (banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan aditif, seperti pemanis buatan, pewarna buatan dan makanan tinggi lemak) menjadi penyebab timbulnya beberapa penyakit degeneratif seperti jantung, kolesterol, diabetes, darah tinggi dan lain sebagainya yang menjadikannya sebagai faktor penyebah kematian tertinggi di dunia ini. Rata-rata penderita penyakit ini semakin meningkat setiap tahunnya dan kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Jangan sampai kita pun menjadi salah satu korbannya.

Pertanyaannya hidup sehat itu apa sih? Dan apa resepnya agar tetap menjadi sehat serta terbebas dari penyakit-penyakit yang mematikan? Sebenarnya jawabannya cukup sederhana namun perlu pemikiran yang serius dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar sehat  selalu. Senang Sehat itu wajib hukumnya karena sehat berhubungan dengan jiwa dan kehidupan kita. Hidup sehat itu adalah hidup seimbang baik antara asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan aktifitas hidup sebagai rutinitas yang senantiasa kita jalankan sehari-hari. Hidup seimbang akan tercapai bila energy yang didapatkan dari makanan dan minuman sesuai dengan kebutuhan aktifitas tubuh sehingga tidak ada kelebihan energi yang akan menumpuk menjadi timbunan lemak di tubuh dan tentunya bila berlebihan akan menyebabkan tubuh mengalami obesitas dan bahkan mengandung resiko penyakit-penyakit degenarif seperti di atas.

Dengan moto sehat itu murah dan sehat itu mudah akan lebih mudah diterapkan dalam hidup sehari-hari asalkan kita memiliki kedisiplinan diri, baik itu disiplin dalam mengatur pola makanan dan menghindari untuk mengkonsum beberapa sumber makanan yang malah berbahaya bagi tubuh kita bila dikonsumsi secara berlebih,seperti lemak, gula, karbohidrat dan lain sebagainya. Sehat itu juga mudah yang artinya hidup sehat bisa diawali dengan gerakan sederhana melibatkan anggota tubuh kita, mulai dari olahraga ringan seperti jalan kaki, beres-beres rumah, berkebun (keuntungan yang diperoleh selain badan sehat juga menyegarkan pikiran dengan berkebun) hingga olahraga rutin yang membutuhkan beberapa fasilitas seperti Gym, renang, dan lain sebaiknya. Mengenai kegiatan beres-beres rumah termasuk kegiatan di luar rumah seperti berkebun selain menjadikan lingkungan bersih juga akan  terhindar dari bebas stress yang berefek buruk terhadap kesehatan kita. Olahraga ini juga cukup ringan serta murah tanpa membutuhkan biaya. Ada lagi kegiatan luar rumah, namun olahraga ini cukup membutuhkan biaya yang tak sedikit tapi lebih ke refreshing seperti mendaki gunung, menyelam, hingga panjat tebing dan tentunya menambah pengalaman berwisata alam bagi anda dan keluarga. Semua tergantung pada pilihan anda dan disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada.

Berbagi info hidup sehat pun harus kita tularkan pada orang-orang disekitar kita. Selain menambah teman, sharing idea mengenai hidup sehat akan membantu kita dalam menyelematkan jutaan nyawa manusia dengan hidup sehat. Senang sehat itu WAJIB! Tularkan hobi hidup sehat mulai dari diri sendiri,keluarga, kerabat hingga teman-teman ada. Berikut ini tip-tip untuk senantiasa menikmati moment senang sehat anda:

  • Menambah pengetahuan mengenai hidup sehat dan alami, diantaranya selain buku-buku tentang gizi dan nutrisi makanan, juga mengikuti kajian atau seminar-seminar yang mengupas tentang makanan sehat bergizi dan menghindari mengkonsumsi makanan yang berbahaya.
  • Biasakan untuk melakukan kegiatan fisik dalam rangka membakar energy dan lemak di tubuh kita, termasuk hal-hal kecil, seperti: jalan kaki, bersih-bersih rumah, berkebun dan lain sebagainya.
  • Hindari hidup stress karena akan berpengaruh terhadap metabolism tubuh kita.
  • Jangan segan-segan berkonsultasi ke dokter-dokter bila ada pertanyaan seputar penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh penyakit degenaratif (Jantung, diabetes, darah tinggi dan lain-laian).
  • Jauhi gaya hidup tidak sehat seperti bergadang, merokok hingga terpengaruh narkoba dan free sex yang sangat membahayakan nyawa kita.
  • Selalu optimis dalam segala hal, krena hal ini akan menambahkan energyipositif kita sehingga hidup akan semakin mudah untuk berkarya dan penuh makna.
  • (Sumber Logo: dari www.kompasiana.com)



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline