Lihat ke Halaman Asli

Jurus Jitu Jomblowan (Telu Je)

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

aduh….. macet lagi ungkap ku dengan perasaan yang penuh kesal.

Memang hari itu, sangat padat oleh kendaraan pribadi yang tidak sebanding dengan kapasitas lebar jalan raya dikota budaya ini, padahal kan sebagai tujuan salah kota wisata keluarga harusnya pemerintah bisa mencari solusi tentang persoalan ini. Wah, jadi ngomomgin kendaraan dan kepadataan jalan raya nih, curhat dikit bolehkan.

Bagiku, hari itu adalah hari spesial dan berharga untuk sebuah penantian cinta. Dimana hari itu Aku akan mengungkapkan kata cinta yang ke seratus kalinya karena sudah sembilan puluh sembilan cewek yang ku tembak mereka semua sok jual mahal, rata-rata dari mereka semua menilai cowok itu dari tampang, emang sih saya akui, saya itu tidak setampan artis-artis boy band yang sedang digandrungi cewek-cewek zaman sekarang. Namun, mereka tidak tahu dari kelebihan yang saya miliki, sesungguhnya saya pandai dalam bersyair dan bermain seni peran, dari itulah saya layak disandingkan dengan beberapa artis-artis ternama.

hehe…. gumam ku dalam hati.

Untuk itulah, aku harus mengakhiri masa jomblo tulen yang melekat dalam diriku. Perkenalan ku dengan cewek ini, berawal dari sebuah chating di jejaring populer mungkin kamu sudah tahu semua yaitu facebook.

kring…. kring…. kring suara hp ku berbunyi ternyata sms dari Zulfah, ya Zulfah namanya, dia adalah cewek yang geulis idaman para cowok zaman sekarang selain cantik dia juga pandai.

wah, siapa yang memiliki dia pasti beruntung banget ungkapku dalam khayalan tingkat tinggi.

Oh, ya belum ku baca sms Zulfah Assalamualaikum, mas, sudah nyampe mn? isi sms Zulfah, yang tidak akan ku hapus sampai kapanpun. Lah sms Zulfah belum ku balas hehe

Wassalamualaikum, ya neng Zulfah, maaf ya mas agak telat karna macet nih isi balasan smsku.

oh, ya udah gak apa-apa neng tunggu kok mas? isi balasan dari Zulfah. Aku merasa menjadi bagian dari kehidupan yang istimewa baginya, prittt… pritttt pluit polisi begitu keras hingga membuat rasa bahagia yang ku alami berubah seratus delapan puluh drajat

selamat siang mas,?!!! dengan intonasi sedikit kasar bertanya padaku.

ya pak, ada apa? Apa ada yang saya bisa bantu? dengan tenang ku jawab.

kamu tahu, kesalahanmu? gertak polisi yang berwajahkan garang dan menyeramkan bagaikan Amin Taba Chan dalam aktingnya difilm India.

salah saya apa pak? dengan tenang saya ambil hp disaku sambil pura-pura telepon ke bapak saya.

kamu, telepon siapa, ini surat tilang untukmu?!!!! Sambil mengoceh dan memberikan surat tilang.

sebentar pak, saya gak bawa uang, saya lagi menelepon bapak saya, tapi, bapak saya sedang menangani kasus pecurian?!! dengan tenang,

emang ya, bapakmu siapa?!!! dengan wajah emosi polisi itu menatap saya

bapak saya seorang lawyer pak?!!! Dengan nada agak kasar

a….. a….. pa….. bapakmu seorang pengacara@*&%^^&$#!!!!! Polisi itu malah berubah seratus delapan puluh drajat yang tadinya berwajah sangar berubah menjadi bermuka ketakutan.

hahaha……. jurus itu sukses juga? Ternyata apa yang dikatakan dosen benar juga ternyata polisi juga takut sama pengacara suara hati kecilku yang sedang menertawakan kepucatan wajah polisi itu.

oh, ya mas kamu gak usah bayar tilang, silahkan lanjutkan perjalanan, mohon maaf menganggu perjalanan anda.

*

Akhirnya saya nyampe juga ditempat janjian dengan Zulfah, yaitu di cafe dekat kantor gubernur Jogjakarta yang masih rindang dengan pohon-pohon masih hijau, dikanan dan kiri penuh dengan warung makanan, minuman dan pakaian. Loh, kok pakaian, nah, disini, keistimewaan Jogjakarta selain, gudeg, bakpia, nasi kucing, dan wedang ronde ya, dikota ini ada batik dan dagadunya yang terkenal. Wah, dari tadi membicarakan makanan dan pakaian nih, mana Zulfahnya.

tat… tit…. tut…. suara hp begitu nyaring ditelingaku.

truuuuuttttt…… truttttttttt…… truuuuuu….

kok belum diangkat juga ya, teleponku dengan rasa sedikit kecewa dalam hati.

Ku tekan lagi no hpnya.

truuutttt…. trutttt……

assalamualakum, neng, posisi dimana tanyaku

wassalamualaikum, aku dikafenya mas?.

Suara lembut Zulfah mengalihkan rasa kecewaku yang tadi sempat muncul dalam hati kecilku. Setelah beberapa langkah akhirnya ku lihat Zulfah yang sedang duduk dikafe.

hay, Zulfah sambil memegang pundak Zulfah.

jebruggggggg….. tas Zulfah melayang ke wajahku yang cakep ini, menurut bapak dan ibuku hehe…

Pengunjung cafe dan pengunjung lain terkejut melihat kejadian itu. Seakan geger takut terjadi kejadian pencurian.

ada apa… ada apa…. ini???? orang-orang keerahanan melihat peristiwa itu.

tidak ada apa-apa kok…..

Orang-orang yang tadinya serius dengan kasyikan masing-masing kini berubah. Malah ikut berkerumun melihat aku terjatuh kena hantaman tas Zulfah.

aduhhhhhh……

tersungkur kelantai yang agak becek bekas hujan kemarin yang belum kering.

aduh, mas, gak apa-apa kan, mas???!! tangan Zulfah yang lembut membelai wajahku yang merah, tentunya bukan seperti para jomblowan atau jomblowati yang menahan malu untuk mengungkapkan cinta pada calonnya.

mboten nopo-nopo, neng,

bener, mas, gak apa-apa,? Kekhawatiran menyeliputi hati Zulfah yang merasa bersalah karena telah melayangkan tasnya, yang terbuat dari kulit dan kayu rotan, memang kalau terkena wajah. Wah, rasanya lebih pedas dibanding dengan lombok.

Njeh, neng Fah, gak apa-apa kok, Cuma sedikit sakit nih disini Aku ambil kesempatan untuk mendapat perhatian dari Zulfah. Trik sukses inilah yang kubaca dalam buku Cara Menggaet Cewek yang ku beli di pameran buku minggu lalu, dimana banyak trik-trik untuk membuat meluluhkan hati cewek. Kalau mau tahu lebih lanjut, beli ajak yach, jangan sampai kehabisan.

Akhirnya, setelah beberapa saat kemudian, aku ungkapkan perasaan hatiku yang ingin menjadi bagian dalam kehidupannya. Butuh waktu, yang lumayan lama untuk mendapatkan kata Ya dari Zulfah, hingga makanan dan minuman yang ada dihadapan kita berdua sudah dikerubuti lalat.

mas, tahu tidak sebenarnya neng belum tahu mas, lebih dalam, jadi untuk itu….

Oh, ya neng bagi mas gak apa-apa, neng, gak terima cinta mas, tapi, neng Zulfah, bisa kenal mas, kok.. coba neng, tutup matanya rasakan angin yang menghembus kesum-sum tulang neng, nah, itulah perasaan mas saat ini, mungkin neng Zulfah saat ini belum kenal mas sepenuhnya, tapi, kan bila neng ingin kenal mas, dengan seiring perjalanan cinta kita kan nanti bisa saling kenal watak mas, kenal mas lebih dalam…. panjang lebar ku ucapkan jurus kedua tentang Cara Menggaet Cewek inilah yang terdapat di bab dua, setelah tadi perhatian tentunya dibutuhkan caranya juga. Untuk mendapatkan cinta dari seorang cewek.

begini, mas bukannya, neng gak mau terima mas untuk menjadi bagian kehidupanku, tapi, neng ini, masih sedikit pun tidak merasakan getaran kemsistri saat ini mas? terang Zulfah.

Akhirnya, dari pertemuan itu belum ada jawaban dari Zulfah, akupun memberikan waktu untuk dia merenungkan jawaban Ya atau Tidak memang untuk menjawab kata Ya itu tidak mudah baginya, sebab menurut cerita dia ketika chating lewat facebook dia pernah dikhianati oleh mantannya yang bernama Danny.

Saat awal pacaran dengannya dia dan Danny sangat lengket bak lem brukol jadi anti kata Galau. Namun, ketika Danny pindah keluar kota untuk ikut orangtuanya bekerja, Danny dan dia hanya bisa berhubungan lewat sms atau telepon itupun jarang mungkin hanya dua minggu sekali, namun kadang-kadang satu bulan dia baru telepon, sehingga dia merasakan cintanya itu digantung selama berbulan bahkan. Dia merasa kaget mendengar mantannya itu menjalin hubungan dengan cewek lain. Berawal dari sanalah Zulfah merasa takut untuk menjalin hubungan spesial dengan yang namanya cowok.

iwak peyek…. iwak peyek… ada sms buka dong bang…… ringtone hp ku memang ringtone itu sekarang lagi tenar. Di era saat ini.

asslamualaikum mas, bisakah minggu depan kita bertemu. Ditempat tadi kita bertemu?

bisa, neng, njeh,…. ok…. ku letakan hp disamping sambil rebahan ditemani kipas angin yang begitu nyaman.

***

Tuttttt… tutttt….. halo, ya

assalamualaikum, mas gimana jadikan ketemuan sekarang?.

Suara merdu yang kurindui terdengar merasuk dalam relung jiwaku, akupun menjadi

Serapan dari bahasa sunda yang artinya cantik sedang untuk laki-laki kasep cakep

Pengacara bahasa kerenya lawyer

Wah sok gaul banget ya gunakan bahasa jowo hehe gak apa-apa memperkenalkan budaya bahasa kan gak apa-apa mboten nopo-nopo arti dalam bahasa Indonesia artinya tidak apa-apa

Nama sayuran atau buah cabai

Kemistri apaan sih, hehe tapi, penulis hanya bisa mengartiannya dengan kecocokan

Salah satu merk lem




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline