Lihat ke Halaman Asli

Dedeh Jubaedah

Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

KKN UPI Edukasi Warga Melalui E-Poster dan Penyaluran APD Demi Wujudkan Desa Tanggap Covid-19

Diperbarui: 28 Juni 2020   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyaluran Alat Pelindung Diri Kepada Warga/dok.mahasiswa

Desa Barikin, 17 Juni 2020Wabah Covid-19 telah menyebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah bertambahnya korban yang diakibatkan oleh Covid-19. Imbauan terkait pemutusan rantai penyebaran Covid-19 telah disampaikan oleh pemerintah diantaranya yaitu, physical distancing, rajin cuci tangan, mengenakan masker jika keluar rumah, dan tidak keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat. 

Sebagai seorang akademisi, mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  yang sedang menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga turut membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. KKN tahun ini disebut dengan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 MMB yang dilaksanakan di lokasi tempat tinggal mahasiswa, dengan menggunakan media sosial sebagai media pelaksanaan program: pendataan, pembelajaran daring atau media lain yang sesuai dengan rambu-rambu protokoler pencegahan Covid-19.

Adapun program kerja untuk membantu mencegah Covid-19 di Desa Barikin diantaranya program wajib yaitu pendataan penduduk yang terkait dengan upaya pencegahan Covid-19 dan dua program pilihan yaitu: edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak Sekolah (TK-SMK); edukasi pencegahan covid bagi masyarakat. Diantara program kerja tersebut yaitu pembuatan E-Poster, Banner, Alat Pelindung Diri, dan Sembako yang diberikan kepada warga Desa Barikin.

Edukasi E-Poster dan Banner/dok.mahasiswa

Selama kurang lebih satu bulan terhitung dari tanggal 17 Mei -- 17 Juni 2020 yang dibimbing Oleh Dr. H. Warlim, M.Pd.  Melakukan edukasi berupa edukasi e-poster yang dikirimkan ke grup WhatsApp Desa Barikin yang terdiri dari grup PKK dan Posyandu. Program kerja edukasi E-Poster bertema Covid-19 ini dirancang sebagai langkah preventif. Tujuan utama dari program kerja ini adalah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Selain itu, sehubungan dengan rencana pemerintah terkait penerapan tatanan hidup new normal, dengan adanya banner Covid-19 ini diharapkan masyarakat menjadi lebih teredukasi dan selalu menerapkan protokol kesehatan sehingga kedepannya Desa Barikin menjadi Desa Tanggap Covid-19. Selain itu juga ada bantuan berupa 50 pcs masker, 50 pcs hand sanitizer, disinfektan, banner dan sembako serta uang tunai yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kepala Desa beserta jajarannya sangat mendukung program tersebut dan menerima dengan suka cita. "Kita tetap sangat senang karena dengan adanya program KKN di sini dapat memberi motivasi untuk perkembangan pengetahuan warga Desa walaupun dilaksanakan secara online". Ujar Maswan Hidayat selaku Kepala Desa Barikin (20/05/20).

Khusus untuk program kerja ini diharapkan dapat menambah dukungan yang ada di desa, semoga bermanfaat untuk menangani pandemi korona pada masa new normal di Desa Barikin.

Ditulis oleh: Dedeh Jubaedah, Pendidikan Manajemen Perkantoran, FPEB Universitas Pendidikan Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline